Honda

Pantau Perkembangan Banjir, Ini Pelayanan yang Diberikan Polri

Pantau Perkembangan Banjir, Ini Pelayanan yang Diberikan Polri

Kabid Humas Polda Sumatera Selatan, Kombes Pol Supriadi-Wawan Palpres.com-

BACA JUGA:HORE! Bansos Beras 10 Kilo Akan Dibagikan untuk 21, 6 Juta KPM PKH pada Ramadan 2023

“Akibat kejadian itu informasi yang kita dapatkan akses ke dusun tersebut putus, dan mengakibatkan masyarakat yang terisolir. 

Selain merendam rumah, dampak luapan air aliran Sungai Musi juga merendam ladang   padi masyarakat,” tambahnya.

Kemudian Kelurahan Muara Kelingi juga mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Musi, di pemukiman penduduk  RT 1, 2,  3,4 dan 5. 

Banjir dengan kedalaman berkisar 50 Cm - 2,5 m, merendam RT 1 dengan 85 KK, RT 2 dengan 50 KK, RT 3 dengan 80 KK, RT 4 dengan 23 KK, RT 5 dengan 30 KK, sehingga secara total 268 KK terkena dampak.

BACA JUGA:GERCEP! Ada BLT Rp700.000 Cair Ramadan 2023 Ini Bagi Pemilik NIK e-KTP, Begini Caranya

Di Dusun Bingin Janggut, air mulai naik sejak pukul 17.30 WIB semula hanya di dusun 2, saat ini bertambah Dusun 1 dan 3  dengan ketinggian 50 -1,5 Meter, menggenangi rumah -+ 200 KK. 

Saat ini masyarakat Desa Bingin Janggut sudah bersiaga untuk mengungsi, sementara akses jalan menuju Dusun 2 yaitu  jembatan gantung, namun belum terdampak karena ketinggian antara jembatan dengan air -+ 1 meter.

Kemudian Desa Mandi Aur pada pukul 05.00 WIB air naik dengan ketinggian berkisar 1 - 1,5 Meter, yang terdampak banjir luapan aliran Sungai Kelingi yakni Dusun 1 sekitar 157 KK, kemudian Dusun 2 ada sekitar 15 KK, dan Dusin 4 ada sekitar 20 KK, dengan jumlah keseluruhan 192 KK.

Untuk Desa Binjai juga terkena luapan dari Sungai Musi dan Moyan dengan ke dalaman 1 -1, 5 M, terdampak dusun 3 dan 4  sebanyak 25 KK. 

BACA JUGA:Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Masih Berlaku, Ternyata Harga Jualnya Hanya Segini

Sedangkan untuk akses jembatan Moyan terendam banjir hingga tidak bisa dilalui, untuk jembatan gantung menuju seberang/ kebun warga pun putus.

Sementara untuk Desa Lubuk Tua ikut terdampak luapan aliran Sungai Musi dengan kedalaman 50 cm, sehingga mengenai Dusun 1 sampai 4 dengan total 265 KK yang terkena dampak.

“Untuk Desa Mambang kita mendapatkan informasi, bahwa juga terdampak luapan Sungai Musi dengan kedalaman 50 Cm dan menggenangi Dusun 4. 

Sedangkan Desa Suka Menang terdampak luapan Sungai Musi yang mengakibatkan jembatan Sungai Macang dan Sungai Kebau tidak bisa di lalui akibat terendam (arah ke Desa Pulau panggung dan Binjai), “ paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel