Honda

Tuntut Pengurus KUD Cinta Gading Mundur, Warga Unjuk Rasa di Kantor Disperindagkop OKI

Tuntut Pengurus KUD Cinta Gading Mundur, Warga Unjuk Rasa di Kantor Disperindagkop OKI

Puluhan warga Desa Cinta Jaya melakukan aksi unjuk rasa menuntut mundur pengurus KUD Cinta Gading -PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Geram atas ulah Pengurus KUD Cinta Gading, Puluhan masyarakat Desa Cinta Jaya, Kecamatan Pedamaran melakukan unjuk rasa di Kantor Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Senin 20 Maret 2023.

Kedatangan warga yang tergabung dalam gerakan masyarakat Penyelamatan KUD Cinta Gading ini, mendesak Dinas tersebut agar membubarkan Kepengurusan KUD Cinta Gading Desa Cinta Jaya Kecamatan Pedamaran OKI.

Menurut Soleh, Koordinasi aksi unjuk rasa tersebut, Kepengurusan KUD Cinta Gading telah menyalahi aturan berlaku, terbukti menjabat selama 15 tahun, bahkan menjadi terlama di Indonesia serta dianggap tak berpihak kepada masyarakat.

"Kepengurusan KUD Cinta Gading mulai sejak berdirinya pada tahun 2008 sampai 2023 sekarang ini, Cuma 1 kali melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan) dan ini jelas melanggar Pasal 26 UU Nomor 25 tahun 1992," ungkap dia dalam siaran persnya.

BACA JUGA:Gokil Banget! Cukup Kerjakan Misi Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp157 Ribu

Berdasarkan pasal tersebut, RAT dilakukan paling tidak satu tahun sekali. Jelas dia lagi, ketentuan lainnya juga dilanggar, dimana ketua dan pengurus KUD Cinta gading sudah menjabat selama 15 tahun, sejak berdirinya hingga saat ini.

"Padahal sudah jelas, menurut Pasal 26 UU Nomor 25 tahun 1992 tentang Koperasi ini, kepengurusan KUD dijabat paling lama 5 tahun. Selain itu, Kepengurusan KUD Cinta Gading juga gagal menjalankan amanat Pasal 3 UU Nomor 25 tahun 1992," tukasnya.

Karena pada pasal ini, Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya, Tetapi nyatanya tidak. Masih kata dia, Hal ini akibat sebagian besar anggota KUD yang menjadi petani peserta plasma adalah orang orang diluar Desa Cinta Jaya dan Pedamaran.

"Ketua dan Pengurus KUD Cinta Gading juga tidak pernah melaporkan Hasil usahanya secara transparan kepada anggota KUD dan Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten OKI," tandasnya.

BACA JUGA:Polres OKI Bekuk Empat Pelaku Pembajakan Kapal

Selain itu, Ketua dan Pengurus KUD Cinta Gading telah melecehkan Kepala Desa dan Pemerintah Desa Cintajaya, karena meski berkedudukan di Desa Cinta Jaya, mereka tidak pernah menganggap adanya Pemerintah Desa Cinta Jaya.

"Ini bisa dirasakan oleh pemerintah desa cinta jaya, karena Ketua dan Pengurus KUD Cinta Gading dalam hal melakukan aktivitas organisasi seperti penetapan CPCL, bagi-bagi SK Plasma serta lainnya, tidak pernah melibatkan dan melakukan koordinasi juga melapor kepada Kades Cinta Jaya," cetusnya.

Menurut pendemo, Kades Cinta Jaya dianggap tidak pernah ada oleh Ketua dan Pengurus KUD Cinta Gading, padahal berada dalam wilayah kekuasaan Kades. Kades dianggap tidak punya hak dan tidak boleh tahu kegiatan yang dilakukan oleh KUD Cinta Gading.

"Padahal sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat cinta jaya, termasuk berkaitan dengan KUD Cinta Gading, Kades punya hak untuk mengetahuinya," pungkasnya seraya menambahkan, pihaknya meminta agar Kepengurusan KUD Cinta Gading dibekukan atau dibubarkan.

BACA JUGA:Lirik Lagu 'Jajalen Aku' Milik Denny Caknan Feat Duo ONAR Trending di YouTube

Usai melakukan rapat mediasi dengan Perwakilan pengunjuk rasa, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian OKI, Herliansyah Hilalluddin melalui Kabid Koperasi, Efendi tak banyak memberikan komentar, pihaknya akan menampung permasalahan tersebut.

"Terkait hal itu, kita akan menampung dulu permasalahan yang telah disampaikan oleh pengunjuk rasa dan akan berupaya carikan solusi, dengan tetap mengedepankan atas aturan yang berlaku," tandasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: