Honda

Jika Merasa Gemuk, Ini 8 Cara Mengatasinya

Jika Merasa Gemuk, Ini 8 Cara Mengatasinya

-hallo sehat-

PALEMBANG, PALPRES.COM – Zaman sekarang banyak kita jumpai baik laki-laki maupun perempuan, berbadan gemuk yang bisa saja disebabkan oleh pola makan, waktu tidur yang tidak cukup, mengalami stress yang tinggi, mengunyah makanan terlalu cepat, tidak sarapan pagi, terlalu banyak konsumsi cemilan tidak sehat dan sebagainya.

Itulah zaman sekarang tidak terasa badan jadi gemuk, hal ini membuat badan tidak sehat akan banyak menimbulkan penyakit pada tubuh kita, seperti penumpukan lemak, darah tinggi, asam urat dan sebagainya.

Nah, berikut ini cara mengatasinya sebelum tumbuh penyakit di dalam tubuh kita.

Pertama, perbanyak konsumsi sayur–sayuran, buah-buahan, kurangi makan yang berlemak dan gorengan.

BACA JUGA:Penyebab Gigi Rapuh Pada Usia Muda

Kedua, perbanyak minum air putih dalam sehari paling tidak 2 liter, lebih baik lagi minum air suam-suam kuku terutama pada saat bangun tidur.

Ketiga, rutin berolahraga. Banyak jenis olahraga tapi pilihlah yang kita sukai seperti jalan kaki, bulutangkis, senam, bisa kita lakukan selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Ini berguna untuk membakar lemak di dalam tubuh kita.

Keempat, mengatur pola tidur, baik kualitas maupun kuantitasnya, sehingga porsi jam tidur tercukupi.

Kelima, batasi mengkonsumsi cemilan tidak sehat, atau ganti dengan makanan ringan yang menyehatkan seperti kacang-kacangan, keju, telur rebus, popcorn, dark chocolate.

BACA JUGA:6 Cara Awet Muda yang Easy Doing

Keenam, kunyahlah makanan secara perlahan. Bila perlu hitung hingga 32 kunyahan dalam setiap suapan makanan, mengunyah lama akan sangat membantu dalaam penyerapan nutrisi.

Ketujuh, lakukan meditasi dan lakukan kegiatan yang menyenangkan seperti berkebun, memasak, bernyanyi, walaupun hanya bersenandung, akan mengurangi stress yang anda hadapi.

Dan kedelapan, selalu utamakan sarapan pagi dengan menu sederhana tapi sehat seperti oatmel, telur orak-arik,  sereal, pancake, salad buah.

Untuk menghitung berat tubuh ideal (kilogram) adalah dengan rumus untuk pria (tinggi badan (cm)-100)-(tinggi badan- 100) x 10%, Wanita idealnya dengan rumus  (tinggi badan (cm)-100)-(tinggi badan- 100) x 15%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: