Honda

Masjid Agung Solihin Kayuagung, Rumah Ibadah yang Ramah, Profesional dan Memberdayakan Umat

Masjid Agung Solihin Kayuagung, Rumah Ibadah yang Ramah, Profesional dan Memberdayakan Umat

Pengurus Masid Agung Solihin Kayuagung yang diketuai H Antonius usai melaksanakan sholat Jumat kemarin-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Kemakmuran masjid tidak diukur dari luasnya tanah, megahnya bangunan, atau banyaknya saldo kas di rekeningnya.

Tapi dari bagaimana tata kelola masjid bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk menjadi sarana beraktivitas, mengedukasi, membimbing dan memberdayakan masyarakat melalui manajemen infak yang baik.

Masjid Agung Solihin Kayuagung telah memberi teladan, pengelolaan masjid yang tidak hanya sebatas tempat ritual ibadah, namun juga ruang interaksi antar umat serta memberi solusi terhadap berbagai persoalan umat.

Pengelolaan keuangan masjid menjadi faktor penentu keberhasilan masjid ini sebagai tempat pembinaan sekaligus solusi persoalan umat.

BACA JUGA:STQH ke 10 Tingkat Kabupaten, Kecamatan Martapura Jadi Juara Umum

Ditemui selepas sholat Jumat 24 Maret 2023, Ketua Takmir Masjid Agung Solihin Kayuagung, H Antonius Leonardo menceritakan Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Ogan Komering Ilir ini dimakmurkan oleh empat unsur, yaitu pemerintah, aghnia (pengusaha), jema’ah dan umat.

“Sebagai masjid besar Kabupaten, masjid ini menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Ogan Komering Ilir dari tata kelola peribadatan hingga keuangannya agar masjid tidak sekedar menjadi tempat ritual peribadatan tetapi juga menyejahterakan umat,” terang dia.

Masjid yang berdiri tepat di pinggiran Sungai Komering ini tampak megah, bangunannya berwarna putih bersih.

Ornamen khas Sumatera Selatan berwarna emas dan merah maroon menambah ke indahan Masjid, di Halaman Masjid terdapat miniatur Perahu Kajang yang menjadi ikon masyarakat Kayuagung.

BACA JUGA:Alhamdulilah! Ngabuburit Sambil Dengerin Musik, Saldo DANA Gratis Rp50.000 Auto Jadi Milikmu

Setiap tahun masjid ini direnovasi untuk memberi kenyamanan bagi jema’ah, pemugaran paling signifikan dilakukan di masa kepemimpinan Bupati Ogan Komering Ilir, H Iskandar SE sehingga masjid ini jadi ikon wisata religi di kota ini.

Misi melayani Jema’ah

Selain keindahan bangunannya, Manajemen Takmir Masjid juga menjadi daya tarik jema’ah untuk betah beribadah di masjid ini.

H Anton memaparkan ada 3 (tiga) prinsip pelayanan yang diterapkan oleh pengurus masjid kepada jema’ah antara lain, keamanan, kenyamanan, dan tertib peribadatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: