Honda

BKMT Merapi Timur Gelar Lomba Mengkafani Jenazah, Simak Siapa Juaranya?

BKMT Merapi Timur Gelar Lomba Mengkafani Jenazah, Simak Siapa Juaranya?

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba mengkafani jenazah dan tilawah tingkat desa di Merapi Timur-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Desa Arahan, Kecamatan Merapi Timur, keluar sebagai juara pertama lomba kategori mengurusi atau mengkafani jenazah, yang mana pengumuman pemenangnya dilaksanakan di Masjid Raudhatul Ubudiyyah.
 
Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Merapi Timur, Hj Yunani mengemukakan, perlombaan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bagaimana, memberlakukan jenazah baik itu laki-laki ataupun perempuan ketika meninggal dunia.
 
"Nah, lomba pada gebyar ramadan ini untuk mengkafani jenazah baru dalam tahap pelaksanaan, memandikan dan mengkafani," sebutnya, Jumat 7 April 2023.
 
Sedangkan, sambung dirinya, untuk tilawah, dengan ketentuan ayat yang dibacakan Surah Al Baqarah, ayat 183-185, Isra Ayat 1, Ali Imran ayat 134-136, serta Al Baqarah ayat 34.
 
 
"Alhamdulillah, terpilihlah para pemenang dari masing-masing jenis perlombaan, dengan menerima bingkisan menarik dari pengurus BKMT," sebut Hj Yunani.
 
Hj Yunani mengemukakan, kedepan perlombaan ini kemungkinan besar akan lebih besar lagi dilaksanakan, tentunya dengan mengandeng beberapa sponsorhip.
 
"Supaya peserta benar-benar mengetahui tata cara yang benar, bagaimana mengurusi jenazah dari memandikan hingga menguburkan, begitu pula, dengan tilawah termasuk tanda bacaannya," terangnya.
 
Semoga, lanjut dirinya, tidak hanya dari Kecamatan Merapi Timur, akan tetapi, se Kabupaten Lahat dengan peserta dari desa.
 
 
"Insyaa Allah, semuanya akan berjalan sebagaimana mestinya, dan lomba ini akan mendapatkan dukungan dari pihak ketiga, sekaligus menambah wawasan peserta," ulasnya.
 
Ia meminta, kepada juara masing-masing kategori, untuk terus belajar dan mengasah kemampuan lebih baik lagi, dari sebelumnya.
 
"Teruslah tampil menyakinkan kendatipun yang ada saat ini bisa, hanya saja, ilmu yang didapat untuk dipelajari lagi dan lagi," tutup Hj Yunani.
 
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Banjarsari, Aldiansyah menerangkan, atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) begitu apresiasi terhadap kegiatan ini, selain bermanfaat tentu saja memberikan warna tersendiri ketika berhadapan langsung dengan jenazah.
 
 
"Khususnya mengurusi jenazah, hal ini sangat penting sekali, asah kemampuan dan banyak bertanya apabila tidak mengerti, jangan malu untuk berkembang," paparnya.
 
Dirinya menerangkan, kepada pemenang dan harapan untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi, sedangkan yang belum juara untuk rajin-rajin belajar letak kesalahannya.
 
"Supaya kedepannya, ketika mengikuti lomba persiapan sudah oke 100 persen, dan siap memperagakannya didepan dewan juri," tandas Aldiansyah.
 
Terpisah, Camat Merapi Timur, Adeales Pokal SSTP MM mengemukakan, apa yang dilakukan BKMT sangat baik sekali, tentunya perlombaan tersebut sangat jarang dikerjakan.
 
 
"Terlebih lagi, mengenai mengurusi jenazah begitu baik sekali, tentunya kedepan dapat dikembangkan lagi para pesertanya tidak hanya dari Merapi Timur, melainkan seluruh Bumi Seganti Setungguan," pungkasnya.
 
Diketahui, Lomba Mengurusi Jenazah, Juara 1 Desa Arahan, Juara 2 Tanjung Jambu, Juara 3 Arahan Rumah Quran, Juara Harapan 1 Desa Sengkuang, Juara Harapan 2 Nanjungan dan Juara Harapan 3 Sirah Pulau.
 
Sedangkan Lomba Tilawah, Juara 1 Desa Lebuay Bandung, Juara 2 Desa Sirah Pulau dan Juara 3 Desa Tanjung Lontar. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: