Honda

Tipu-Tipu ala Peretas Facebook Bidan Cantik di Muara Enim, Catut Baim Wong Pura-Pura Beri Giveaway

Tipu-Tipu ala Peretas Facebook Bidan Cantik di Muara Enim, Catut Baim Wong Pura-Pura Beri Giveaway

Penipuan yang mencatut nama artis dan youtuber Baim Wong terjadi di Muara Enim, Sumatera Selatan.--palpres.com

MUARA ENIM Aksi penipuan lewat media digital masih marak dengan modus yang semakin bervariasi. 

Seperti baru-baru ini dialami Novitri Indriyani, bidan dan pemilik sebuah klinik kesehatan ibu dan anak di Muara Enim. 

Akibatnya sejumlah teman di akun Facebook Novitri menjadi korban, bahkan ada yang terlanjur mengirimkan sejumlah uang kepada komplotan pelaku.

Dengan meretas akun Facebook milik ibu dua anak ini, pelaku menulis di beranda yang menyebutkan seakan-akan Novitri mendapat hadiah atau giveaway dari artis sekaligus youtuber Baim Wong.

BACA JUGA:5 Daerah Paling Miskin di Sulawesi Selatan, Jeneponto Masih Juaranya

Tulisan itu berbunyi, “Assalamualaykum, TrimaKasih Kaka BAIM WONG dan juga Admin nya sudah mencairkan hadiah GIVEAWAY saya, senang banget gak nyangka kirain hoaks ternyata asli beneran dapat, Terimakasih kak BAIM WONG saya sudah tarik tunai uang hadiah nya, dengan uang ini saya bisa bantu keluarga dan Modal Usaha. Senang banget juga bisa Video call langsung dengan Kaka BAIM WONG. DAN UNTUK TEMAN-TEMAN JIKA INGIN TAU GIMANA CARA DAPATIN HADIAH NYA INBOX LANGSUNG MESSENGER SAYA.. dan izin untuk menandai Teman-Teman, berbagi rezeki itu indah, silahkan dicoba mudah-mudahan rezeki bersama.”

Untuk meyakinkan calon korban, peretas akun Facebook Novitri Indriani juga melampirkan foto tampilan saldo di rekening pada layar mesin ATM, foto struk bukti transaksi penarikan uang dari ATM BRI, serta foto segepok uang pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Kontan saja, selang beberapa menit tulisan itu diposting pelaku sembari menandai sejumlah akun di pertemanan Facebook Novitri Indriani, beruntun komentar beberapa teman Facebook Novitri Indriani yang penasaran menanyakan cara mendapatkan hadiah dari Baim Wong.

Tanpa basa-basi, pelaku menjawab satu-persatu pertanyaan itu dengan singkat, “Inbox aja”.

BACA JUGA:Bikin Konten Prank Polisi, Baim Wong dan Istri Minta Maaf

Berdasar pengakuan sejumlah calon korban yang rata-rata pasien yang pernah berobat di klinik milik Novitri, salah satunya pemilik akun Facebook Denias Nur Alamsyah yang sempat berkomunikasi dengan pelaku lewat inbox.

Dari perbincangan di inbox, pelaku memberi sebuah link yakni http://giveawaybaimwong.atwebpages.com/logindata.

Setelah korban mengklick link tersebut, maka dia akan terhubung dengan pelaku yang berperan sebagai admin akun Facebook Baim Wong.

Kemudian korban diarahkan untuk menyampaikan biodata pribadi hingga nomor rekening. Korban juga diminta menjawab kuis dengan pertanyaan seputar pribadi Baim Wong.

BACA JUGA:The Marvels Tampilkan Sosok Park Seo-Joon di Trailer Perdana

“Orang-orang terdekat saya terutama yang ada dalam pertemanan di Facebook sudah diblokirnya semua. Saya tahunya dari pasien yang nyaris ditipu pelaku, lalu dia beri saya screenshot obrolan dia dengan kawanan pelaku di Facebook,” beber Novitri kepada palpres.com.

Namun kata Novitri, ada juga teman di Facebooknya yang terlanjur jadi korban dan kehilangan sejumlah uang.

Agar aksi penipuan ini tidak semakin meluas yang tentu juga merugikan nama baiknya, Novitri pun menyebar info bahwa akun facebooknya telah dihack orang lain.

“Saya infokan di status WhatsApp mengenai penipuan yang meretas akun Facebook saya. Semoga tidak ada korban lain. Bagi rekan-rekan untuk tidak lagi mempercayai peretas facebook saya itu,” tutur Novitri yang berencana mengadukan kasus ini ke aparat kepolisian.

BACA JUGA:Masyarakat Harus Selektif Pilih Biro Umroh, Begini Alasannya!

Selanjutnya Novitri masih belum berencana membuat akun facebook baru. “Masih trauma,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: