Honda

Pasca Banjir Melanda di OKU Timur Pada Lebaran Pertama, Pemkab Berikan Bantuan Air Bersih

Pasca Banjir Melanda di OKU Timur Pada Lebaran Pertama, Pemkab Berikan Bantuan Air Bersih

Petugas BPBD Kabupaten OKU Timur Memberikan Air Bersih Bagi Warga.-Arman Palpres.com-

OKU TIMUR,PALPRES.COM- Pasca banjir melanda warga Desa Baturaja Bungin, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten OKU TIMUR dihari pertama Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pemkab OKU Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan air bersih bagi warga.

Tidak hanya itu saja, sejumlah peralatan sebagai upaya evakuasi, OPD terkait juga langsung menurunkan tim medis, hingga penyaluran kebutuhan air bersih.

Kepala BPBD Kabupaten OKU Timur, Mgs Habibullah mengatakan, pemberian bantuan air bersih dan tenaga medis ini berdasarkan intruksi Bupati H Lanosin ST.

BACA JUGA:WOW! Punya Koin Kuno Jenis Ini Bisa Bawa Pulang Motor Baru, Jualnya ke Sini

Hal ini sebagai upaya untuk mencegah timbulnya penyakit dìmasyarakat akibat dampak dari banjir tersebut.

“Air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga semua wilayah terdampak banjir kita lakukan suplay air bersih,” ungkap Habib.

Dikatakan Habib pihaknya bersama beberapa OPD terkait langsung keliling memberikan bantuan air bersih, tenaga kesehatan dan berbagai bantuan lainnya.

Dikatakannya berdasarkan pemetaan, di Kabupaten OKU Timur terdapat enam kecamatan lain rawan bencana banjir meliputi Kecamatan Martapura, BP Bangsa Raja, Madang Suku I, Madang Suku II, Semendawai Barat dan Cempaka.

BACA JUGA:Kabar Gembira untuk Emak-emak Pemilik NIK Tipe Ini, Ada 3 BLT Bakal Cair Awal Mei 2023

Enam kecamatan ini dipetakan rawan terjadi banjir karena berada di bantaran Sungai Komering yang sering kali meluap jika intensitas curah hujan tinggi terjadi dalam waktu lama.

Seperti tahun lalu banjir akibat luapan Sungai Komering merendam ratusan rumah penduduk di Kecamatan Cempaka dengan ketinggian air mencapai satu meter.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, namun ratusan kepala keluarga terpaksa dievakuasi ke dataran tinggi hingga banjir surut," kata dia.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi banjir susulan masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: