Honda

Hardiknas Semakin Dekat Dengan Cita-Cita Luhur Ki Hadjar Dewantara

Hardiknas Semakin Dekat Dengan Cita-Cita Luhur Ki Hadjar Dewantara

Bupati OKU Timur usai peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hardiknas 2023-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Bupati OKU Timur, H Lanosin dan HM Adi Nugraha Purna Yudha SH bersama-sama menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Peringatan Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 di Lapangan Pemkab OKU Timur, Selasa 2 Mei 2023.

Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah OKU Timur, Jumadi S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Wakimin dan Kepala OPD Kabupaten OKU Timur.

Sambutan Menteri Dikbudristek yang dibacakan Bupati OKU Timur, H Lanosin mengatakan, sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

Dunia Pendidikan yang menuntut bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

BACA JUGA:Bupati Iskandar Ajak Para Pendidik Untuk Semangat Meneruskan Perwujudan Merdeka Belajar

Menurut Bupati, di era globalisasi anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

"Sementara para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar,” kata Bupati.

Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” paparnya.

BACA JUGA:Salut, Bupati dan Gubernur Membaur Bersama Umat Hindu di OKU Timur

Sementara Terkait Otonomi Daerah XXVII, Pemerintah pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada daerah harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat, melalui peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah.

Kebijakan otonomi daerah kedepan akan menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan, di tengah-tengah kemajemukan di tingkat lokal, regional dan nasional.

"Otonomi daerah dituntut untuk menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah yang aspiratif, transparan dan akuntabel,” paparnya.

Sebelum menutup sambutannya, Bupati berharap apel gabungan pasca libur dan cuti bersama memperingati Hari Raya Idul Fitri 1444H, semoga saudara-saudara menjadi lebih rajin dan semangat bekerja untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: