Honda

Sempat Batal Mendarat di Aceh, Lion Air JT-306 Kembali ke Kualanamu Sumatera Utara, Ini Penyebabnya

Sempat Batal Mendarat di Aceh, Lion Air JT-306 Kembali ke Kualanamu Sumatera Utara, Ini Penyebabnya

Lion Air Menyambut Musim Umrah 1445 Hijriah dengan Penerbangan Perdana dari Surabaya ke Madinah Mulai 5 Agustus 2023-Lion Air-Lion Air

ACEH, PALPRES.COM – Penerbangan Lion Air nomor JT-306 rute Bandara Internasional Kualanamu di Sumatera Utara tujuan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda ACEH pada Selasa, 2 Mei 2023 sempat mengalami gagal mendarat.

Berikut ini penjelasan resmi dari Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran persnya, tadi malam.

Danang merinci, Lion Air nomor JT-306 dioperasikan dengan Boeing 737-900ER registrasi PK-LGJ membawa 7 kru dan 202 penumpang. 

“Jadwal semula, Pesawat ini berangkat pukul 12.30 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 13.40 WIB,” tutur Danang.

BACA JUGA:Akses Situs Ini, Saldo DANA Gratis Rp350 Ribu Langsung Ditransfer, Mudah dan Gak Ribet

Penerbangan JT-306 kembali ke bandara asal atau diistilah return to base (RTB) dikarenakan kondisi angin di Bandara Sultan Iskandar Muda yang kurang baik. 

Kondisi kurang baik dimaksud berdasar informasi di lapangan yakni tingginya kecepatan angin yang bergerak searah dengan arah pendaratan pesawat yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan.

Kondisi ini kata Danang, diyakini dapat mengganggu kestabilan pesawat saat akan mendarat.

“Pilot kami sangat mematuhi batasan kecepatan angin yang diizinkan dalam penerbangan untuk memastikan keselamatan dan stabilitas pesawat selama penerbangan dan pendaratan,” urainya.

BACA JUGA:Ingin Aman saat ‘Mengaspal’, Ikuti 5 Langkah Ini

Keputusan untuk kembali ke bandara asal menurut Danang, lantaran cuaca yang kurang baik tersebut adalah keputusan yang tepat sebagai prioritas keselamatan penerbangan.

“Saat itu Pilot mempertimbangkan banyak faktor sebelum mengambil keputusan untuk kembali ke bandara asal, termasuk kondisi aktual cuaca dan perkiraan cuaca di sepanjang rute penerbangan, kemampuan pesawat dan faktor-faktor lain yang mendukung operasional penerbangan berjalan normal,” rincinya.

Awak pesawat telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa pesawat kembali ke bandara asal karena cuaca kurang baik, maka akan terjadi keterlambatan kedatangan di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. 

Kru yang bertugas bertanggung jawab dalam memberikan informasi yang jelas dan akurat kepada penumpang mengenai situasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lion air