Honda

Targetkan Terbaik Pertama se-Indonesia, Disdukcapil Pagaralam Terkendala SDM dan Fasilitas Penunjang

Targetkan Terbaik Pertama se-Indonesia, Disdukcapil Pagaralam Terkendala SDM dan Fasilitas Penunjang

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkendala SDM dan fasilitas penunjang pembuatan Akta Kelahiran-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Tahun 2023 ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota PAGARALAM, menergetkan dapat meraih terbaik pertama dalam hal pencapaian pembuatan akta kelahiran.

“Kita akan terus mengejar capaian untuk pembuatan akta kelahiran anak dengan bekerjasama melalui Klinik, Rumah Sakit hingga Puskesmas.

Targetnya pada tahun 2023 ini kita meraih terbaik pertama dalam hal pembuatan akta keliharan anak,” ujar Kadisdukcapil Pagaralam, Zaily Oktosap Abdin, Minggu 7 Mei 2023.

Ia mengatakan, guna mempercepat capaian target tersebut, pada Mei 2023 ini pihaknya mulai mengelilingi setiap Puskesmas yang ada di Kota Pagaralam yang sudah bekerjasama, termasuk klinik dan Rumah Sakit.

BACA JUGA:Gedung Senilai Rp17 Milyar di OKU Timur Jadi Rumah Hantu, Kok Bisa?

“Jadi, begitu ada ibu yang melahirkan, nantinya dari Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit yang telah bekerjasama akan mengirimkan rekomendasi, baik itu data Kepala Keluarga (KK), buku nikah orangtua bayi dan lain-lain yang dikirimkan secara online, kemudian kita proses dan dikirimkan ke email orangtua bayi yang bersangkutan,” bebernya.

Setelah itu, sebut Zaily, orangtua bayi pun sudah bisa mencetak akta kelahiran itu di rumahnya.

“Sekarang kami juga sudah bekerjasama dengan Kantor Pos untuk dapat mengirimkan KK, KIA dan KTP-nya,” ungkapnya.

Kendati demikian, sambung Zaily, kendala ataupun kesulitan tetaplah ada, semisal Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas penunjang yang hingga kini masih sangatlah terbatas.

BACA JUGA:SIMAK Ya! 4 Tips Menata Ulang Investasi Reksa Dana Ala Maybank Indonesia

“Server hanya ada satu, begitupula UPS hanya ada satu, sehingga begitu listrik padam kami menunggu hingga listrik menyala kembali,” imbuhnya.

Diakui Zaily, pada tahun 2022 lalu untuk akta kelahiran anak ini Disdukcapil Kota Pagaralam berhasil meraih terbaik ke-6 se-Indonesia.

“Tahun ini minimal kita bisa masuk tiga besar dan target terbaik pertama itu harus dapat, bila SDM kita cukup, unit reaksi cepat kita jalan, mudah-mudahan apa yang ditargetkan bisa tercapai,” jelasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: