Honda

Ratusan Emak-Emak Blokade Jalan Utama PT BAS, Ini Penyebabnya

Ratusan Emak-Emak Blokade Jalan Utama PT BAS, Ini Penyebabnya

Polisi turun tangan setelah ratusan emak-emak memblokir ruas jalan utama PT BAS-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Ratusan emak-emak yang rumahnya di pinggir Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, melakukan blokade jalan utama PT BAS.

Penutupan akses jalan utama milik Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan tersebut, telah dilakukan oleh ratusan emak-emak sejak Minggu 14 Mei 2023 - Senin 15 Mei 2023, sebagai bentuk protes kepada perusahaan karena rumah mereka telah diselimuti debu batubara.

Aksi blokade yang dilakukan oleh para kaum hawa ini, mendapat pengawalan ketat dari jajaran Polres Lahat, agar tidak terjadi aksi yang tidak diinginkan.

Hingga, malam ini pun jalan utama milik PT BAS masih ditutupi oleh puluhan motor milik warga Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

BACA JUGA:AUTO TAJIR! Ternyata Segini Harga Koin Kuno Rp1.000 Kelapa Sawit

"Benar, aksi Blokade yang dilakukan oleh emak-emak kecamatan Gumay Talang ini sebagai bentuk protes aspirasi mereka yang tak kunjung diberikan oleh PT BAS," ungkap Kepala Desa (Kades) Indikat Ilir, Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, Miko mewakili Kades di Kecamatan Gumay Talang, Selasa 16 Mei 2023.

Dijelaskan Miko, terutama emak-emak yang rumahnya didepan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di seluruh Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat.

"Selain masalah debu akibat mobil Tronton milik PT BAS yang melintas, serta mungkin ada juga masalah lain yang sampai saat ini belum dipenuhi oleh pihak Perusahaan tersebut," sebutnya.

Aksi penutupan jalan yang dilakukan oleh emak-emak tersebut, hingga detik ini dari pihak perusahaan belum ada koordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes).

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Bansos BPNT Sembako Rp400.000 Cair Juni 2023 untuk 431 Daerah

"Dari perusahaan belum ada koordinasi dengan Pemdes yang ada di Kecamatan Gumay Talang, sehingga kami pun hanya tinggal diam saja," tegas Miko.

Terpisah, pihak PT BAS belum bisa dikonfirmasi terkait aksi blokade yang dilakukan emak-emak di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, hingga, berita ini diturunkan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: