Honda

Alhamdulillah, 287 JCH Asal Lahat Diberangkatkan ke Mekkah, Ini Harapan Bupati

Alhamdulillah, 287 JCH Asal Lahat Diberangkatkan ke Mekkah, Ini Harapan Bupati

SAPA : Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi Wabup, H Haryanto SE MM MBA menyapa para JCH, dalam bimbingan manasik haji, di Pendopoan Rumdin Bupati Lahat, Selasa 23 Mei 2023.-Bernat Albar Palpres.com-

LAHAT, PALPRES.COM- Sebanyak 287 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten LAHAT dipastikan akan diberangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Mereka akan tergabung di kloter 13, gelombang II, embarkasi Palembang yang rencana diberangkatkan pada 9 Juni 2023 ke Asrama Haji.

Pelepasan ini pun langsung dihadiri Bupati Lahat, Cik Ujang SH.

"Betul, sekitar pukul 20.00 wib, JCH Asal Lahat masuk di asrama haji Kota Palembang, barulah pada 10 Juni 2023, semuanya akan berangkat menuju ke tanah suci Mekkah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenang) Lahat, Drs H Rusidi Dja'far MM, Selasa 23 Mei 2023.

BACA JUGA:Langka dan Mengandung Emas, Inilah Deretan Uang Koin Kuno yang Bikin Kaya Mendadak, Kamu Punya Gak?

H Rusidi Dja'far menambahkan, ke 287 jemaah tersebut akan mendapatkan bimbingan manasik haji, sehingga mereka mengetahui tata cara atau mekanisme ketika menunaikan ibadah haji.

"Pastinya, mulai dari keliling 7 kali di Ka'bah, lontar jumroh, gunting rambut hingga melaksanakan ibadah sunnah lainnya. 

Sebab, disana akan ada jutaan umat Islam dari penjuru dunia, melakukan hal serupa dan kita perlu pembekalan terlebih dahulu," sebutnya.

Tentunya, lanjut dia, apalagi dari 287 JCH tersebut, setidaknya ada 68 persen merupakan jemaah dengan usia diatas 60 tahun, sehingga bisa dikategorikan dengan resiko tinggi (Risti). Maka diperlukan pengawasan dan pendamping dari lainnya, agar mereka bisa menjalankan rukun Islam kelima.

BACA JUGA:Kamu Punya Koin Rp100 Rumah Gadang? Segera Jual ke Kolektor Ini, Auto Cuan

"Disinilah, pendampingan dari jemaah yang muda sangat dibutuhkan, ketika berada di Mekkah tidak perlu terlalu dekat dengan Ka'bah, terpenting jaga kesehatan kita hingga usai ibadah haji," beber H Rusidi Dja'far.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyampaikan, JCH asal Kabupaten Lahat ini sebanyak 287, yang akan berangkat pada 9 Juni dan kembali lagi ke tanah air 22 Juli 2023. Tentunya semuanya dalam keadaan sehat Wal'afiat. 

Tentunya ini merupakan keberkahan tersendiri bagi jemaah yang sudah berusia diatas 60 tahun.

"Karena, ketika wabah Covid-19 merebak, jemaah haji yang diatas 65 tahun memang tidak boleh berangkat, kini, semuanya berjalan sesuai harapan semuanya. Kini, ikuti manasik haji dengan baik dan teruslah menjaga kesehatan," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: