Honda

Ada Masalah Soal Pemilu, Jangan Ragu Silahkan Lapor Gakumdu

Ada Masalah Soal Pemilu, Jangan Ragu Silahkan Lapor Gakumdu

Bawaslu Kabupaten Muratara memberikan fasilitas dan pembinaan aparatur pengawas pemilu dalam pemilu serentak 2024.--

MURATARA, PALPRES.COM- Badan pengawasan pemilihan umum (Bawaslu), Kabupaten Muratara, Propinsi Sumsel memberikan fasilitas dan pembinaan aparatur pengawas pemilu Kabupaten Muratara dalam pemilu serentak 2024.

Fasilitas dan pembinaan di berikan kepada seluruh penyelenggara tingkat Kecamatan atau Panwascam, pembinaan dilakukan secara rutin oleh Bawaslu, pembinaan berisikan tentang persiapan hingga pelaksanaan pengawasan pemilu secara berjenjang, seperti yang akan di hadapi pengawasan verifikasi administrasi Bacaleg.

"Setiap Kecamatan ini penting di awasi, seperti yang sudah di lakukan DPSHP dan akan mengawasi verifikasi berkas Bacaleg, ini untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan,"kata Korsek Bawaslu Herman Suandi, Kamis 25 Mei 2023

Menurutnya, pengawasan ini harus berintegritas dan bertanggung jawab, pada tingkat Kecamatan, yang lebih spesifik, jika ada temuan laporan Bacaleg, dapat dibahas di Bawaslu.

BACA JUGA:Pemkab Lahat Anggarkan Rp20 M untuk Perbaikan Jalan Penghubung, Ini Lokasinya

Ia menegaskan pembinaan penyelenggaraan pemilu penting dilakukan, salah satu yang di tekankan bagi penyelenggara wajib menjaga netralitas.

"Tidak boleh kampanye, mendukung salah satu calon, termasuk menghilangkan hak para pemilih, itu ada pidananya,"tegas Suwandi.

Ia mengatakan, bagi masyarakat maupun Bacaleg mempunyai persoalan seputar Pemilu, pihaknya telah menyiapkan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu).

"Kantor sentra tersebut untuk menampung dan penindakan perkara Pemilu, jika ada,"cetusnya.

BACA JUGA:Pemdes Tanjung Kurung Permudah Masyarakat Angkut Hasil Bumi, Ini Faktanya

Lanjutnya, saat ini belum ada laporan masyarakat, atau peserta pemilu terkait pemilu, karena proses baru sampai persiapan verifikasi administrasi Bacaleg oleh KPUD.

Gakkumdu beranggotakan kepolisian, kejaksaan dan Bawaslu itu sendiri, bagi masyarakat yang ingin mengadukan yang berhubungan dengan pemilu, silakan saja, tambahnya. (sis)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: