Honda

Dukung Birokrasi Lebih Baik, Empat Lawang Ikuti Pencanangan ZI WBBM

Dukung Birokrasi Lebih Baik, Empat Lawang Ikuti Pencanangan ZI WBBM

Penyerahan piagam ZI WBBM kepada BPKAD Empat Lawang-PALPRES.COM-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM - Guna mewujudkan zona integritas wilayah birokrasi yang bebas korupsi, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Lahat yang membawahi wilayah Lahat, Pagaralam, dan EMPAT LAWANG, mencanangkan zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) Tahun 2023. 

Menurut Kepala KP2KP Empat Lawang, Kemas Ismail Thobrani, bahwa Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Pencanangan ini dilakukan dengan menggalang dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Pagaralam untuk mewujudkan tercapainya Zona Integritas Wilayah Birokrasi bersih dan melayani (ZI-WBBM)," jelas Kemas Ismail Thobrani, Kamis 25 Mei 2023.

Dukungan ini ditandai dengan penandatanganan Piagam Komitmen Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Lahat, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lahat, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Lahat, Wakil Bupati Kebupaten Lahat, Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lahat, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pagaralam, serta BPKAD Empat Lawang.

BACA JUGA:CEK ATM! Bansos BPNT Sembako Cair Rp400.000 Juni 2023 Ini

Penandatanganan piagam komitmen oleh Kepala BPKAD Empat Lawang, Iwan Mike yang diwakili oleh Sekretaris BPKAD Empat Lawang, Legiyo. 

Ini diikuti guna mendukung kehidupan birokrasi yang lebih baik ke depannya.

Pencanangan ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan good government dengan birokrasi yang bersih dan akuntabel, peningkatan kualitas pelayanan publik, bebas korupsi serta efektif dan efisien bagi masyarakat Kabupaten Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang. 

"Ke depannya KPP Lahat akan melakukan banyak perubahan di berbagai bidang, yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan area, peningkatan kualitas pelayan publik," harap Ismail.

BACA JUGA:RESMI! Ada BLT Cair Akhir Bulan Ini Rp1.000.000 Via ATM, Cek Nama Penerima Disini!

Dilansir dari situs kemenkeu.go.id, pembangunan Zona Integritas mendasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019, sebagai perubahan dari Permenpan RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). 

Sedangkan di Kementerian Keuangan diatur berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2017 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sejak tahun 2009 terus dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, saat ini pelaksanaan Reformasi Birokrasi telah memasuki periode kedua dan akan menuju periode ketiga atau periode terakhir masa berlaku Road Map.

Pada periode pertama hingga periode kedua telah tercapai banyak kondisi yang mendukung sasaran Reformasi Birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, birokrasi yang efektif dan efisien, dan birokrasi yang mempunyai pelayanan publik yang berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: