Honda

80 Persen Bangunan di Desa Sirah Pulau Telah Dikerjakan, Cek Faktanya

80 Persen Bangunan di Desa Sirah Pulau Telah Dikerjakan, Cek Faktanya

Kades Sirah Pulau, Jayus Oktonianto dan tim monev kecamatan berfoto bersama-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Bangunan infrastruktur yang ada di Desa Sirah Pulau, Kecamatan Kikim Selatan untuk progressnya sendiri telah memasuki 80 persen, yang bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran (TA) 2023.

Bangunan yang dimaksud, pembangunan pagar dinding beton sepanjang 27 meter, pagar depan gedung serbaguna sepanjang 25 meter, dua kamar mandi, dan pemasangan rangka baja 3 meter untuk sarana peneduh.

"Alhamdulillah, tim monitoring dan evaluasi (Monev) sudah melihatnya dan mengecek langsung, seluruh bangunan dimaksudkan," terang Kepala Desa (Kades) Sirah Pulau, Jayus Oktonianto, Minggu 28 Mei 2023.

Hanya saja, sambung Jayus Oktonianto, tinggal pemasangan rangka baja saja, dan finishing dua unit kamar mandi berada di belakang gedung serbaguna.

BACA JUGA:Tarik Saldo DANA Gratis Rp200 Ribu Tiap Hari dari Bermain Game Ini, Dijamin Pasti Ketagihan!

"Dikarenakan gedung ini sering kali dipergunakan untuk acara, maka penambahan kamar mandi dan pemasang rangka baja, sehingga warga tidak kepanasan," jelasnya.

Termasuk juga, lanjut dia, laporan administrasi pun dari segala program kerja Pemerintah Desa (Pemdes) maupun TP PKK tak luput diperiksa secara mendetail.

"Kita dalam laporan keuangan menyesuaikan dengan apa yang dilakukan, sehingga tidak ada temuan ataupun penyimpangan dari anggaran," papar Jayus Oktonianto.

Jayus Oktonianto menerangkan, sebab penggunaan dana desa kali ini sangat berbeda, yang mana seluruh laporan yang masuk ke dalam aplikasi sistem keuangan desa (Siskuedes), terkoneksi online dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BACA JUGA:Mainkan Game Ini Sekarang Juga dan Tarik Saldo DANA Gratis Rp75.000, Buruan Jangan Banyak Mikir!

"Satu rupiah pun pasti terdeteksi kemana alirannya, oleh karena itulah, perangkat desa untuk bekerja lebih keras dan baik lagi, supaya dana yang dibelanjakan ada berita acara maupun buktinya," tegasnya.

Terpisah, Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE melalui Sekretaris Camat (Sekcam), Nazaruddin SE MM menuturkan, pihaknya dalam pembinaan monev ini, tentu saja terus memberikan wawasan dan pengetahuan kepada setiap Pemdes.

"Jangan sampai, antara anggaran dan laporan tidak singkron, makanya kita terus bimbing sehingga penggunaan dana terus semakin membaik," jelasnya.

Ia meminta agar kepada seluruh Kades termasuk perangkat desa, untuk tidak sungkan apabila ada hal yang meragukan, ditanyakan kepada pihak kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: