Honda

Pertumbuhan Kuat dan berkelanjutan, Ini Pesan Menko Airlangga kepada Dubes Inggris!

Pertumbuhan Kuat dan berkelanjutan, Ini Pesan Menko Airlangga kepada Dubes Inggris!

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins--http://ukabc.org.uk

JAKARTA, PALPRES.COM -  Dalam acara King's Birthday Party, Rabu 7 Juni 2023, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan perbincangan dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins, untuk membahas Kerja sama dibidang investasi. 

Dalam kesempatan itu, Owen Jenkins menjelaskan bahwa Raja Inggris yaitu Raja Charles sangat tertarik dengan 4 tema yang disampaikan oleh Menko RI yaitu generasi muda, keragaman, komunitas dan keberlanjutan, 

Tidak hanya selarasnya pemikiran dari kerja sama ini,  Owen pun mempertegas selama 2023 hubungan perdagangan antar Indonesia dan Inggris meningkat secara signifikan di pasar global.

"Tentunya saya sangat berbahagia ketika melihat kerja sama perdagangan Inggris dan Indonesia meningkat secara signifikan, sebesar 33 persen di tahun lalu " ucap Airlangga dalam pertemuan di acara King' birthday. 

BACA JUGA:CEK ATM! Bansos BPNT Sembako Rp200.000 Cair ke Rekening Penerima Juni Ini

Mengutip dari rilisnya laporan dari Departemen Perdagangan Inggris,  terjadi sebuah perputaran ekonomi Inggris dan Indonesia di tahun 2022 yang mencapai 3,5 miliar Poundsterling, yang meningkat hingga 32,8 persen. 

Owen juga menyampaikan, kini Inggris lagi gencar untuk mendukung sektor investasi kedua negara dibidang mineral dan industri kendaraan listrik yang merupakan teknologi masa depan. 

Dalam kesempatan itu, Airlangga menyinggung tentang Roadmap kemitraan yang sempat diluncurkan di tahun lalu  yang diklaim menunjuk hasil yang sangat kongkrit dalam perpindahan energi, transportasi,  perdagangan, dan sektor pendidikan. 

"Jadi memang ada 2 poin yang utama antara kerja sama Indonesia dan Inggris ini yaitu membuat Indonesia untuk meniru (lead by example).  Dan harus memiliki tujuan yang sama dengan Inggris,  dalam mengatasi isu perubahan iklim dan perpindahan dari energi yang merusak alam menjadi energi yang bersih, " tutur Airlangga. 

BACA JUGA:Warga 6 Desa Kesulitan Air Bersih, Ini Penyebab Utamanya

Airlangga juga menyampaikan tentang kebijakan kemitraan transisi energi yang adil antara Inggris dan Indonesia, akan melakukan investasi besar-besaran,  untuk mengisi sektor tenaga listrik di Indonesia. 

Kemitraan Indonesia dan Inggris dituntut untuk selalu mengedepankan pertumbuhan yang kuat dan selalu berkelanjutan, dan karena itulah Airlangga meminta untuk kedua negara melakukan perdagangan yang bebas dan hijau. 

Dalam pertemuan awal di tahun 2022, kedua negara sudah sempat membahas tentang energi baru,  yaitu pertumbuhan hijau,  agrikultur,  dan makanan, dengan berusaha memaksimalkan JETCO,  Menko RI sangat bersemangat, untuk meningkatkan perdagangan bilateral.

Airlangga juga menjelaskan (FDI) Foreign Direct Investment yang dimiliki Indonesia dan Inggris,  mencatat kenaikan yang sangat signifikan hingga 2 Kali lipat,  yaitu sebesar US$628,3 Juta Yang sebelumnya hanya sebesar US$322,9 Juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: