Honda

Sinergi Bank Indonesia dan APEKSI Atasi Inflasi dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Sinergi Bank Indonesia dan APEKSI Atasi Inflasi dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono hadir dalam syukuran HUT APEKSI ke 23 di Kota Palembang-BI Sumsel-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, menghadiri acara Malam Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-23 tahun 2023 di Palembang Sport Convention Center (PSCC), 7 Juni 2023. 

Di hadapan seluruh walikota se-Indonesia yang hadir, Deputi Gubernur Doni Primanto Joewono mengapresiasi hasil kerja keras dan sinergi seluruh kepala daerah di tingkat Kota dalam rangka mengendalikan harga dan menjaga daya beli masyarakat. 

Lebih lanjut, beliau mengajak seluruh walikota di Indonesia yang hadir pada kesempatan tersebut untuk terus melanjutkan sinergi yang telah terbangun melalui APEKSI maupun asosiasi pimpinan daerah lainnya dalam mengendalikan inflasi dan mendorong penguatan ekonomi daerah melalui pemanfaatan teknologi digital.

BACA JUGA:Bank Indonesia Dorong UMKM Fashion Go Ekspor

Acara Malam Syukuran yang mengusung tema ”Tumbuhkan Ekonomi, Siasati Inflasi, Melalui APEKSInergi” ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan peringatan HUT APEKSI ke-23 di Kota Palembang yang berlangsung pada 6-9 Juni 2023. 

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula seremoni penandatanganan MoU Kerja sama Antar Daerah (KAD) antara Kota Palembang dengan Kabupaten Bima dan Kota Pangkal Pinang. 

“KAD merupakan langkah strategis yang mampu memangkas rantai distribusi serta menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antar daerah”, ujar Doni Primanto Joewono. 

 

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, mengatakan bahwa sebagai pemimpin daerah kita bisa meninggalkan legacy, salah satunya adalah program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang berfokus pada perubahan mindset dari sebelumnya hanya mengkonsumsi produk pangan menjadi produsen untuk bahan baku masakan rumah tangga. 

BACA JUGA:Inisiatif Bank Indonesia dalam Mendorong Digitalisasi Pembayaran

Hal ini juga yang mampu membuat Sumsel menjadi salah satu Provinsi di Indonesia yang terbaik dalam pengendalian inflasi. 

Herman Deru berharap seluruh walikota yang hadir pada kegiatan HUT APEKSI tahun 2023 ini dapat membawa cerita atau pembelajaran yang dapat diadopsi di wilayahnya masing-masing.

Perayaan HUT APEKSI ke-23 di Kota Palembang yang dihadiri oleh 64 anggota APEKSI dari seluruh Indonesia ini menjadi ajang silaturahmi dan momentum untuk menguatkan kolaborasi antarpihak baik dari sisi pemerintah, swasta, akademisi, media massa, maupun komunitas/masyarakat dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan penanganan inflasi. 

Melalui kegiatan ini, pemerintah daerah diharapkan dapat saling memberikan inspirasi praktik terkait upaya pengembangan ekonomi di masing-masing wilayah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: