Honda

Usai Bimtek di Bali, Forum Kades Kecamatan Lahat Bakal Terapkan Ini di Masing-Masing Desa

Usai Bimtek di Bali, Forum Kades Kecamatan Lahat Bakal Terapkan Ini di Masing-Masing Desa

Forum Kades Kecamatan Lahat saat bimtek di Bali-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Kecamatan Lahat, Tanseri Gasali mengemukakan, hasil dari bimbingan teknis (Bimtek) yang diikuti seluruh kades di Provinsi Bali, tentunya dapat diimplementasikan ke dalam program kerja.

"Sekaligus diterapkan ke desa-desa masing-masing, karena banyak sekali program yang disampaikan salah satu di Bali yang sangat maju," ujarnya, Selasa 13 Juni 2023.

Dirinya mengatakan, mengenai pertanian, pariwisata, perkebunan dan pemerintah yang bisa dikembangkan sebagai oleh-oleh dari bimtek untuk disosialisasikan.

"Tentu saja, perlahan tapi pasti, kesemuanya itu akan dilakukan sehingga potensi yang ada di desa, mampu dikembangkan sehingga mendatangkan keuntungan," sebut Tanseri Gasali.

BACA JUGA:RESMI! Pemilik KTP dan KK Bisa Dapat Bansos BPNT Sembako Rp200.000

Tanseri menuturkan, di Kecamatan Lahat ini sendiri, terutama desa yang memiliki areal yang luas, dapat ditingkatkan dari segi pertanian maupun perkebunan.

"Apabila selama ini, hasil produksi hanya segitu-gitu saja, maka, wawasan yang kita dapatkan tersebut bisa ditularkan kepada masyarakat," jelas pria yang juga menjabat Kades Sukanegara ini.

Begitu pula, sambung dia, desa mempunyai pemandangan panorama alam, hal ini justru memberikan kontribusi positif untuk mendapatkan pendapatan.

"Yang mana, dapat dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BACA JUGA:Bagi-bagi Berkah Juni! Ada Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu, Buat Modal Nongkrong Pasti Langsung Cair

Selain itu, hal lainnya pun dapat dibawa ke dalam musyawarah desa (Musdes)," pungkas Tanseri Gasali.

Sementara itu, Kades Ulak Mas, Suci Rahayu mengemukakan, bahwa di daerahnya paling banyak melakukan bercocok tanam sayuran.

"Notabene memang sangat iklimnya sangat cocok untuk menanam berbagai jenis sayuran. 

D isamping itu, ada pula dari mereka bertani sawah guna mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: