Honda

Kecamatan Gumay Ulu Berpotensi Kembangkan Sektor Pariwisata, Ini Kata Ketua Forum Kades

Kecamatan Gumay Ulu Berpotensi Kembangkan Sektor Pariwisata, Ini Kata Ketua Forum Kades

Forum Kades Gumay Ulu, didampingi Kepala DPMD dan jajaran lainnya, berfoto bersama sebagai ajang silaturahmi-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Siapa yang tidak kenal dengan Kecamatan Gumay Ulu, yang mana disana banyak sekali terdapat peninggalan bersejarah yang hingga detik ini masih terpelihara sangat baik sekali.

Yakni, Kompleks Megalitikum Tinggi Hari, selain itu ada juga beberapa Cughup (Air Terjun) terkenal diantaranya, Cughup Buluh (7 tingkat), Maung maupun potensi panorama alam lainnya, yang belum tergarap.

"Nah, dari hasil bimbingan teknis (Bimtek) di Lombok, tentunya yang ditekankan disini bagaimana memaksimalkan potensi pariwisata alam," sebut Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Gumay Ulu, Ahmad Yaumal, Kamis 15 Juni 2023.

Yaumal menerangkan, potensi yang seperti ini semestinya, bisa dikembangkan asalkan campur tangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam hal ini Dinas Pariwisata.

BACA JUGA:Siswa TK Kartika ll-39 Lahat Kunjungi Museum Batubara PTBA, Ini Tujuannya

"Wawasan inilah yang perlu kita bahas bersama, yang mana Dinas Pariwisata dapat memperlihatkan, sehingga kekayaan alam ini mampu mendatangkan keuntungan," sebutnya.

Kalau, lanjut dia, bergantung kepada dana desa (DD) pastinya hal tersebut tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Paling tidak, hanya sekedar membangun akses jalannya, lahan parkir, maupun fasilitas umum sebut saja, mushola, kamar mandi, tempat jajanan dan ruangan bersalin baju," papar Yaumal.

Dari sinilah, masih kata Yaumal, hasil bimtek tersebut dapat diimplementasikan didalam, suatu kinerja yang mampu menciptakan peluang usaha.

BACA JUGA:Modal Smartphone Doang, Cuan Rp250.000 Langsung Cair Lewat Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2023

"Sehingga kedepannya, masyarakat tidak hanya tergantung dari sektor pertanian ataupun perkebunan saja, tetapi pengembangan usaha lainnya inilah akan membentuk karakter kuat," imbaunya.

Ia menerangkan, hal ini setelah ditelaah, Kecamatan Gumay Ulu ini memang sangat cocok, untuk pengembangan kawasan destinasi wisata.

"Tidak hanya membangun infrastruktur penunjang semata, melainkan sarana promosi melalui media sosial (Medsos), ketika ada kunjungan tamu agung," ulasnya yang juga menjabat Kades Lubuk Selo ini.

Sehingga, masih kata dia, secara tidak langsung akan membangkitkan gairah roda perekonomian rakyat, dengan begitu para pelancong yang mendatangi objek wisata di Gumay Ulu akan berdampak langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: