Honda

Seneng Banget 7 Rumah Warga di Lahat Diperbaiki, Yuk Intip Proses Perbaikannya

Seneng Banget 7 Rumah Warga di Lahat Diperbaiki, Yuk Intip Proses Perbaikannya

Salah satu rumah warga di Desa Lubuk Lungkang Kabupaten Lahat dalam proses perbaikan--

LAHAT, PALPRES.COM- Program bedah rumah yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, dalam hal ini Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (PRKPP) terus berjalan hingga saat ini, jika sebelumnya menyasar rumah warga di Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Penjalang Suku Empayang Kikim Saling Ulu (Pseksu), kini giliran dilakukan program beda rumah di Desa Lubuk Lungkang, Kecamatan Kikim Selatan.

"Betul, setidaknya ada 7 rumah penduduk yang tahun 2023 ini menerima pelaksanaan dari program bedah rumah," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Lungkang, Dina Juliyanti, Kamis 15 Juni 2023.

Dia menuturkan, Pemerintah Desa (Pemdes) begitu antusias sekali atas bedah rumah ini. Sehingga masyarakat sangat senang, yang mana sebelumnya kategori rumah tidak layak huni (RTLH).

"Dewasa ini berubah menjadi rumah layak huni (RLH), kalau dulu beralaskan seng, berdinding kayu dan berlantaikan tanah, kini semuanya dibangun permanen dengan tipe 36," ulasnya.

BACA JUGA:Yuk Simak Cara Pemkot Pagaralam Meningkatkan Produksi Ikan

Dirinya menambahkan, dengan demikian, pemukiman yang ada pun tidak ada lagi, dijumpai masuk pada tiga kategori seperti disebutkan diatas.

"Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pun dapat diterapkan secara baik. Termasuk juga, kebersihan lingkungan sekitar. Sekali lagi, terima kasih kepada Bupati Lahat, Cik Ujang SH," tegas Dina Juliyanti.

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (PRKPP), Limra Naufan ST MT menerangkan, tahun ini pihaknya melakukan bedah rumah sebanyak 320 unit, yang tersebar di 24 kecamatan.

"Satu unit rumah diberikan dana sebesar Rp 20 juta dengan tipe 6x6 atau 36, yang mana, anggaran tersebut langsung ditransfer ke rekening warga yang menerima program bedah rumah," paparnya.

BACA JUGA:3 Komisioner Bawaslu Ogan Ilir Bakal Buka-Bukaan di Persidangan

Bupati meminta agar secepatnya pemukiman masyarakat yang tergolong RTLH untuk didata dan disurvey ke lapangan dan diberikan bantuan bedah rumah.

"Memang berdasarkan aturan dan kategori yang telah ditentukan. Sehingga dana yang telah digelontorkan pemerintah benar-benar tepat sasaran, serta paling penting dikerjakan," pungkasnya. (brn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: