Honda

Tips Buat Kamu, 5 Cara Menjawab Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

Tips Buat Kamu, 5 Cara Menjawab Kelemahan Diri Saat Interview Kerja

Bagi kamu yang kini akan mengikuti interview kerja, berikut ini ada tips buat kamu untuk menjawab kelemahan diri.-Ilustrasi: Freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ketika memasuki proses interview kerja, HRD akan mengeluarkan pertanyaan seputar kelemahan diri pelamar.

Namun dengan menjaga kesan positif tentang diri sendiri, sangat penting untuk tetap jujur meskipun ada kelemahan diri yang mungkin membuat minder.

Dilansir dari akun twitter Loker Bali (@lokerbali_id), berikut ini tips untuk menjawab pertanyaan kelemahan diri saat interview kerja.

1. Idetifikasi kelemahan yang tidak terlalu relevan dengan posisi pekerjaanmu

BACA JUGA:Heboh! Filter Aplikasi Edit Foto Terbaru, Nagita Slavina mirip Artis Yoona SNSD!

Pilihlah kelemahan yang tidak berkaitan dengan keterampilan utama yang dibutuhkan dalam posisi pekerjaanmu.

Seperti jika kamu melamar posisi di bidang teknologi, kamu dapat mengatakan salah satu kelemahanmu adalah kurang memiliki pengalaman dalam hal manajemen tim, yang mungkin bukan prioritas utama dalam posisi tersebut.

2. Fokus pada perbaikan kelemahan yang kamu miliki

Jelaskan upaya yang telah atau akan kamu ambil dalam mengatasi kelemahan itu.

BACA JUGA:MURAH MERIAH! Rekomendasi SmartPhone 1 Jutaan Buat Kaum Dompet Tipis

Misalnya, kelemahanmu adalah keterbatasan presentasi publik, maka kamu dapat mengatakan bahwa kamu sedang mengikuti kursus berlatih komunikasi atau presentasi secara rutin.

3. Menampilkan sikap positif dan pemecahan masalah

Mengatakan kelemahanmu dengan sikap yang positif dan menekankan pada upaya perbaikan menunjukkan bahwa kamu merupakan seseorang yang dapat mengakui kelemahan dan siap untuk belajar dan tumbuh.

4. Menjaga keseimbangan antara keunggulan dan kelemahan

BACA JUGA:Kairan Quazi Protes Akun LinkedIn Dihapus, Alasannya Cukup Mengejutkan! Belum Cukup Umur

Ketika memberi tau seputar kelemahan dirimu, kamu harus memastikan bahwa kamu juga menyoroti keunggulan yang relevan dengan keterampilan yang kamu punya.

Sehingga, kamu dapat berkomitmen untuk belajar dan berkembang melalui kelemahan itu.

5. Berilah jawaban seperti contoh di bawah ini:

“Saya percaya bahwa tidak ada yang sempurna dan saya juga menyadari bahwa saya memiliki kekurangan tertentu, salah satunya kurang dalam berpresentasi di depan publik. Namun, saya pun telah menyadari kekurangan ini dan sedang berusaha memperbaikinya.

BACA JUGA:Mengenal Karakter Diri dari Nama melalui Numerologi, Ini Caranya

Oleh karena itu, saya dapat melihat kelemahan ini sebagai peluang untuk tumbuh menjadi lebih baik dan sekarang saya mulai mengikuti kursus serta berlatih komunikasi publik agar membangun kepercayaan diri di hadapan audiens.

Selain itu, saya memiliki kemampuan analitis yang kuat dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan saya dan saya juga percaya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan ini.”

Nah, sekarang kamu sudah tau jawaban yang tepat untuk pertanyaan mengenai kelemahanmu, kan?

Mulai sekarang, gunakan cara-cara di atas agar interview kerjamu berjalan baik, ya! (Rida Satriani/ Mahasiswa Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang)

BACA JUGA:SAH! Jude Bellingham Resmi Diperkenalkan Pemain Real Madrid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: