Honda

Sabun Kecantikan Ala Desa Lubuk Lungkang, Tidak Buat Kantong Jebol, Intip Yuk

Sabun Kecantikan Ala Desa Lubuk Lungkang, Tidak Buat Kantong Jebol, Intip Yuk

Sabun cair buatan tangan UP2K Desa Lubuk Lungkang, Kecamatan Kikim Selatan yang cocok untuk masalah kecantikan-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Inovasi demi inovasi yang diciptakan Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Lungkang, Kecamatan Kikim Selatan, terus menerus bergerak. 

Kali ini, Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) membuat terobosan terbaru yakni sabun cair dari bahan baku daun Bidara yang cocok dipakai untuk kecantikan.

"Betul, setelah kita sama-sama membaca beberapa literasi dan artikel, daun ini sangat banyak tumbuh subur di sini, sehingga dengan eksperimen berhasil membuat sabun cair," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Lungkang, Dina Juliyanti, Jumat 16 Juni 2023.

Dina menuturkan, khasiat Daun Bidara secara ilmiah sudah terbukti banyak mengandung manfaat, salah satu manfaat daun bidara adalah untuk obat jerawat, membersihkan kulit dari kotoran, dan menjaga kulit dari kerusakan.

BACA JUGA:DAPAT DOBEL! Bansos BPNT dan PKH Tahap 3 Cair ke Penerima Juli 2023

"Bahkan rendaman daun bidara dapat melindungi kulit, dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV matahari," terangnya.

Untuk kemasannya sendiri, lanjut dia, pihaknya bersama-sama dengan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), telah memasukkan ke dalam botol cukup menarik.

"Alhamdulillah, setelah sekian kali percobaan, akhirnya didapatkan hasil yang maksimal, tanpa campuran bahan kimia sedikitpun, jadi sangat aman untuk kulit secara alami," papar Dina.

Dina menuturkan, untuk pemasarannya sendiri masih dari mulut ke mulut, maupun melalui pesanan dengan harga tidak membuat kantong jebol.

BACA JUGA:Posyandu Bukan Hanya Dinkes, Tapi Sinergitas Semua Pihak, Ini Tujuannya

"Pendapatan yang diperoleh dikelola sepenuhnya oleh TP PKK Desa Lubuk Lungkang, yang nantinya bisa dibelanjakan lagi untuk kemasan ataupun kedepannya bisa membayar honor," imbaunya.

Dia berharap dengan berbagai macam inovasi dari kreasi TP PKK ini, tentunya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk yang bernilai ekonomis.

"Insyaa Allah, kedepannya untuk produksinya sendiri masih dalam tahap skala kecil, lambat laun setelah semuanya bisa diterima ditengah masyarakat dan konsumen, barulah berjalan sesuai harapan," tandas Dina.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Lubuk Lungkang, Yarti menerangkan, sabun cair ini memang ide dari semuanya, yang diuji coba bersama Pemdes dan hasilnya cukup memuaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: