Honda

Tim Monev Turun ke Lokasi, Periksa 3 Bangunan di Sukanegara, Begini Hasilnya

Tim Monev Turun ke Lokasi, Periksa 3 Bangunan di Sukanegara, Begini Hasilnya

Tim Monev dari Kecamatan Kota Lahat didampingi Kades Sukanegara, Tanseri Gasali dan Ketua BPD, Indah Puji Marsusiati, melihat hasil pengerjaan-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Tiga item pengerjaan bangunan yang bersumber dari dana desa (DD) tahap 1, di Desa Sukanegara, Kecamatan Kota Lahat, diantaranya Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) sepanjang 33 meter, kemudian lampu jalan bertenaga surya sebanyak 7 unit, dan pembangunan sumur bor satu titik.

"Betul, untuk DD tahap 1 ini, ada tiga item pengerjaan yang secara keseluruhan mencapai 100 persen, dan kini dilakukan monitoring dan evaluasi (Monev)," sebut Kepala Desa (Kades) Sukanegara, Tanseri Gasali, Sabtu 17 Juni 2023.

Tanseri menuturkan, tim monev dari pihak kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas turun langsung ke lokasi.

"Mereka melihat dari dekat hasil yang kita kerjakan, Alhamdulillah semuanya dilaksanakan berdasarkan spesifikasi," terangnya yang juga menjabat Ketua Forum Kades Kecamatan Lahat.

BACA JUGA:CATAT, 3 Tahun Zero Stunting, Ini Resep Jitu Pemdes Sinjar Bulan

Selain itu, sambung dia, item-item tersebut memang hasil dari kesepakatan, ketika musyawarah desa (Musdes) diperlukan oleh masyarakat.

"Terutama air bersih, yang mana, di Desa Sukanegara ini untuk mendapatkan sumbernya sangat sulit, makanya sumur bor solusi paling tepat," terang Tanseri.

Tanseri menambahkan, tidak hanya fisik yang dimonev, administrasi pun tidak luput dari pemeriksaan supaya ketika ada inspektorat datang semuanya tidak ada masalah.

"Hal ini, memang sepenuhnya untuk kepentingan bersama, pun dikerjakan secara swadaya masyarakat yang diawasi oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," paparnya.

BACA JUGA:Jadwal Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Makin Dekat, Ini Tahapannya

Dirinya berharap, pada tahap ll nantinya, dapat dikembangkan tidak sekedar fokus pada infrastruktur semata, melainkan item lainnya sehingga bersinggungan langsung dengan penduduk.

"Makanya, Pemerintah Desa (Pemdes) semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk memajukan desa, bersama-sama BPD, dan lembaga pemerintahan lainnya tingkat desa dan kecamatan," tegas Tanseri Gasali.

Sementara itu, Ketua BPD Sukanegara, Indah Puji Marsusiati menuturkan, untuk tiga program kerja tahap 1 ini sangat baik sekali.

"Yang mana, merupakan kebutuhan dan kesepakatan di dalam Musdes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: