Honda

Antisipasi Wilayah Rawan Bencana, Ini Langkah Pemkab OKU Timur

Antisipasi Wilayah Rawan Bencana, Ini Langkah Pemkab OKU Timur

Pelatihan dan Mitigasi Bencana tahun 2023 di lingkungan Pemkab OKU Timur-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyelenggarakan Pelatihan dan Mitigasi Bencana Tahun 2023 di Hutan Kota Pemkab OKU Timur, Jum'at 16 Juni 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Sekretaris Daerah Sutikman SPd MM didampingi Kepala BPBD, Mgs Habibullah SIP MM, Kepala Dinas Perkim, Danan Rachmat ST MM, Kepala Bappeda dan Litbang, Maryus Markus Firdaus SSTP dan Kepala Dinsos, Hanafi SE MM.

Dalam sambutan dan arahannya, Sutikman menyampaikan bahwa Kabupaten OKU Timur tidak terlepas dari bencana alam, hal ini mengingat karena di Bumi Sebiduk Sehaluan secara geografis terletak di pesisir aliran komering.

Tidak hanya itu, Sutikman juga menegaskan, bahwa di Kabupaten OKU Timur juga sering mengalami musibah kebakaran.

BACA JUGA:Cuma Download Aplikasi Ini, Saldo DANA Rp300.000 Pun Mengalir Deras

"Bangunan kita kebanyakan bangunan lama, dimana banyak kabel listrik yang sudah tua, untuk itu kita perlu sampaikan kepada masyarakat sebagai upaya menanggulangi bencana," tegasnya.

Ia mengingatkan, upaya penanggulangan dan mitigasi bencana selalu diupayakan.

"Setiap kecamatan dan desa agar dibentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) agar lebih mudah dan cepat dalam menanggulangi bencana," tutupnya.

Sementara itu, Kepala BPBD, Mgs Habibullah dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai pembekalan dan pelatihan dalam mengantisipasi adanya bencana alam sedini mungkin.

BACA JUGA:Terbukti Membayar! Cuan Rp100.000 Langsung Cair dari Game Penghasil Saldo DANA Gratis

Dirinya menyebutkan, bahwa BPBD akan mensosialisasikan Desa Tangguh Bencana dan membentuk TRC Desa.

"Kita akan sosialisasikan Desa Tangguh Bencana dimulai dari keluarga, dan tentu kita akan membentuk TRC Desa minimal 5 anggota sesuai dengan peraturan pemerintah," tuturnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: