Honda

Konon Katanya Pindang Komering dan Sambal Jok-jok Bisa Bikin Suami Betah Dirumah, Ayo Dicoba

Konon Katanya Pindang Komering dan Sambal Jok-jok Bisa Bikin Suami Betah Dirumah, Ayo Dicoba

Seorang pengunjung Rumah Makan khas Komering sedang menikmati menu Pindang dan sambal Jok-jok--

MARTAPURA, PALPRES.COM- Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan alam, suku, seni budaya dan berbagai macam kuliner, keberagaman ini ternyata menjadi pemersatu bagi masyarakat yang tersebar di 34 provinsi di wilayah Indonesia.

Dan sudah barang tentu semua daerah yang ada di Indonesia tentunya memiliki khas makan daerah, begitu juga dengan Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang terkenal dengan penghasil beras dengan ribuan hektare (Ha) lahan persawahan, juga dikenal dengan berbagai kuliner yang menjadi andalan daerah yang dihuni berbagai suku tersebut.

Salah satu kuliner khas daerah andalan di Kabupaten OKU Timur adalah pindang ikan dan sambal Jok-jok yang ada di rumah makan khas Komering, konon ceritanya jika kedua jenis lauk ini sudah tersedia di meja makan, maka para suami betah dirumah dan enggan jajan diluar. 

Nah bagi kita yang penasaran dengan kenikmatan pindang ikan khas komering dan sambal jok-jok dapat menikmatinya di Rumah Makan khas Komering yang menyediakan berbagai macam menu masakan daerah terutama daerah Komering.

BACA JUGA:Ukraina Kehilangan 7.500 Prajurit dan 30 Persen Tank Pasokan Barat

Rumah rumah makan yang terletak di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng), tepat di Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Selain pindang ikan ada juga pindang liling atau bahasa daerah Komering lebih dikenal dengan nama Kuwol, dimana makan pindang Kuwol cukup ribet untuk menikmatinya, tapi para penggemar pindang kuwol dengan sabar menyedot daging kuwol dari mulut kuwol yang sudah direbus selama beberapa menit agar tidak lengket ditempurungnya.

Kuwol merupakan keong kecil berwarna hitam biasa hidup di singa kecil dan sawah-sawah warga.

Meskipun tidak tersedia setiap hari, tapi masyarakat yang menginginkan untuk mencicipi makanan khas komering tersebut tetap bertanya untuk memesannya.

BACA JUGA:Sedih Banget! 5 Spesies Ini Dianggap Hewan Paling Kesepian di Dunia, Nomor 3 Hidup Merana Tanpa Pasangan

Selain pindang Kuwol,  menu makanan khas komering lainnya seperti sambal Jok-jok yang dipadupadankan dengan cabai serta asam atau bisa diganti dengan kedondong.

Bagi yang tidak menyukai rasa pedas yang amat sangat, sambal Jok-jok kurang cocok untuk dipesan.

Karena sambal Jok-jok cukup pedas, sehingga penikmat kuliner dijamin akan bercucuran keringat ketika menikmati pindang kuwol dan pindang ikan yang dipadupadankan dengan sambal jok-jok dan menu makanan lainnya.

Selain pindang kuwol dan sambal Jok-jok pengunjung juga bisa menikmati menu masakan pindang lainnya seperti pindang patin, baung, tulang dan daging.

BACA JUGA:Percepat Revitalisasi Satkamling Jelang Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan Polda Sumsel

Sambal yang disediakan juga cukup beragam seperti sambal mentah, masak dan sambal Jok-jok, pengunjung bisa memilih nasi yang akan dipesan seperti nasi liwet atau nasi putih biasa.

“Pengunjung harus bersabar ketika memesan karena agak lama diRumah makan  khas komering sebab rumah makan khas komering ini mengutamakan kesegaran menu. Setiap pengujung yang akan memesan, terlebih dahulu mereka akan menangkap baik ikan atau menu lainnya,” ungkap Ani  pelanggan tetap rumah makan khas Komering.

Rumah makan yang ada di wilah OKU Timur tidak semua menyediakan pindang hanya berapa rumah makan saja, sebab rumah makan yang menyediakan khas Komering harus ekstara ribet dengan menu menunya.Yang mana semua menu khas Komering selalu disediakan panas.

"Ya agak lama ,sebab kami selalu menyediakan ikan hidup hidup,ikan tersebut baru akan diambil apabila ada yang pesan,jadi posisinya sangat segar segar, khas pindang Komering semua pedas dan kuah nya yang kental degan bumbu khas Komering,"katanya.

BACA JUGA:Demi Kepastian Hukum, Rezky Aditya Bersedia Tes DNA

Arman, salah satu pengunjung di Rumah Makan khas Komering mengatakan, dia dan temannya sengaja datang ke rumah makan tersebut untuk menikmati sensasi lezatnya pindang khas Komering dipadu sambal Jok-jok.

"Sengaja saya dan teman-teman jauh-jauh datang kesini untuk menikmati pindang dan sambal Jok-jok, rasanya tidak dapat diutarakan dengan kata-kata," tukasnya.

Dia mengaku dalam seminggu setidaknya hampir dua kali mampir ke Rumah Makan khas Komering hanya untuk memburu lauk makan siang kesukaannya. "Sekali lagi tidak dapat diwakilkan dengan kata-kata kelezatannya, kalau tidak percaya silahkan coba saja sendiri," ajaknya. (man)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: