Honda

Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 untuk KKS Lama Belum Cair, Ini Penyebabnya

Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 untuk KKS Lama Belum Cair, Ini Penyebabnya

Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni Rp400.000 untuk KKS Lama Belum Cair, Ini Penyebabnya-palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Pencairan Bansos BPNT tahap 3 Alokasi Mei dan Juni dengan nominal Rp400.000 melalui KKS Bank Himbara sampai saat ini masih berlangsung prosesnya. 

Namun beredar informasi di kalangan masyarakat jika, penyaluran Bansos BPNT tahap 3 Mei-Juni ini didahulukan bagi pemegang Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS Baru, sementara KKS lama belum dicairkan atau tidak dicairkan. 

Hal ini banyak dipertanyakan oleh KPM khususnya pemegang KKS lama yang sampai saat ini belum menerima penyaluran Bansos BPNT tahap 3 Mei-Juni Rp400.000. 

Berkaca pada pencairan bantuan program sembako ini di tahap 1 dan 2 jadwal pencairannya serentak antara KKS lama dan KKS baru. 

Sementara untuk tahap 3 bantuan program sembako ini pencairan didominasi oleh KKS baru. 

BACA JUGA:3 Bank Himbara Sudah Salurkan Bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni, BSI Kapan?

Sehingga hal tersebut menimbulkan tanda tanya di tengah masyarakat khususnya para KPM KKS lama yang juga telah menantikan pencairan bantuan senilai Rp400.000 ini. 

Seperti di beberapa grup bantuan sosial di media sosial Facebook ramai diserbu para KPM yang menanyakan perihal KKS lama yang tak kunjung cair bantuannya.

Seperti salah satu member grup facebook yang mempertanyakan hal tersebut. 

"Belum cair ya bunda semuanya yang ada di grup ini KKS tahun 2017 untuk BPNT tahap 3 Bank BNI wilayah Semarang, Jawa Tengah,"tulisnya. 

BACA JUGA:Giliran Bank Mandiri dan BRI yang Menyalurkan Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 ke KPM Daerah Ini

Lalu ada lagi status "KKS kama tahun 2017 tadi dicek  masih zonk apa udah gak dapat lagi ya?,"tanya salah satu member lagi. 

Dan satu lagi yang bertanya BNI Kartu KKS yang lama belum pada ada saldonya. Itu yg udah rame pada cair yang kartu baru,"tulis yang lainnya. 

Ada juga yang bertanya pada Grup facebook INFO CAIR PKH, BPNT, KIP, BLT HARI INI. 

"BNI cair dari awal...sampai sekarnag banyak yg belum cair dan banyak yg berharap,gelisah,resah dan slalu menunggu dan kami jga belum tau alasannya kenapa KKS lama dibelakangi,,belum ada penjelasan yg real..,"tulis akun tersebut. 

"Bun apakah mamng yang kks lama sudah di hentikan penyalurannya bpnt atau gimana y. Ni yg cair yg 2021 keatas yg lama kok gk ad saldo nya. Mohon jawab siapa tau ada yg tahu informasi nya ngge,"tulis akun lain.

BACA JUGA:Giliran Bank Mandiri dan BRI yang Menyalurkan Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 ke KPM Daerah Ini

Lalu apakah memang betul penyaluran BPNT tahap 3 ini diperuntukkan bagi KKS baru dan apakah KKS lama sudah tidak cair lagi?

Kartu KKS lama yang dimaksud adalah KKS terbitan tahun 2020 ke bawah (2019, 2018 dan 2017) sementara KKS terbitan baru adalah tahun 2021, 2022 dan tahun 2023. 

Pada dasarnya, untuk KKS lama ada beberapa permasalah terkait data KPM, itu dikarenakan banyak KKS yang tidak sinkron antara data kependudukan dan data bank dan pengalaman dari pendamping sosial untuk KKS lama ini sejak penyaluran tahap 2 lalu sudah diterbitkan kartu baru. 

Oleh karena saat ini memang Kementerian Sosial terus melakukan perbaikan-perbaikan data dan melakukan sinkronisasi data terbaru dari Disdukcapil dan tidak bisa dipungkiri konsekuensi dari pemutakhiran data di Dukcapil dengan data DTKS dan data perbankan ada yang berselisihan sehingga dilakukan perbaikan-perbaikan agar data menjadi sinkron. 

Jika dalam verifikasi rekening ada ditemukan tidak sinkron maka Inilah yang menjadi Gagal ON SPAM.

BACA JUGA:Rezeki Idul Adha, Bansos Tunai Cair Segera ke KPM Golongan Ini

Bagi para KPM yang memiliki permasalahan data ini sebagaimana di tahap 2 lalu akan dialihkan ke PT Pos Indonesia sambil menunggu KKS terbitan baru. 

Jika sudah digantikan dengan KKS baru, maka dana Bansos BPNT akan cair kembali. 

Kementerian Sosial tidaklah membedakan apakah Kartu KKS lama dan baru yang terpenting adalah datanya sinkron antara data terbaru Dukcapil, DTKS dan bank himbara.

Jadi ini hanyalah terkait kesiapan data di Pusdatin. Dan memang data yang siap saat ini adalah KPM yang tergolong masih baru atau antara tahun 2020 hingga 2023.

Dan berhubung KKS baru menggunakan data dan dokumen terbaru dalam penerbitan KKS nya, maka pencairan dilakukan lebih dulu. 

BACA JUGA:Pemerintah Segera Cairkan 5 Bansos Bagi KPM Kategori Ini Sebelum Idul Adha, Daerah Ini Sudah Cair

Namun, jika KPM pemegang KKS lama yang tidak memiliki permasalahan dengan dokumen kependudukan di Dukcapil, data DTKS maupun bank maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Karena proses pencairan bantuan ini masih bertahap. 

Sedangkan untuk penerbitan 2020 ke bawah ini masih sangat sedikit sekali yang cair bantuannya. 

Namun tidak perlu risau selama masih layak datanya, bantuan BPNT tahap 3 alokasi Mei-Juni dengan nominal Rp400.000 akan cair pada waktunya. 

Dari Aplikasi SIKS-NG apabila rekening KPM dinyatakan berhasil jadi tidak ada permasalah pada data dan dana bantuan akan cair. 

BACA JUGA:Berkah Idul Adha, Bansos BPNT Tahap 3 Meluncur ke Rekening BNI, Bank Mandiri dan BRI Menyusul

Sementara untuk update penyaluran bantuan BPNT tahap 3, progres pencairan hingga saat ini masih mayoritas bank BNI, sementara Mandiri, BRI dan BSI belum banyak. 

Sementara di SIKS-NG update status penerima bantuan program sembako ini kebanyakan sudah tahapan SPM atau Surat Perintah Membayar, artinya tidak menunggu lama untuk proses pencairannya. 

Kemungkinan pencairannya dilakukan pada hari Senin, mengingat saat ini sudah memasuki akhir pekan. Namun kita berharap dan berdoa ada percepatan pencairan. 

Demikian informasi ini yang harus diketahui oleh para KPM agar tidak kecewa menunggu pencairan bantuan sosial. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: