Honda

Sabar Ya, Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 KKS Bank Mandiri, BRI dan BSI Cair di Tanggal Ini

Sabar Ya, Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 KKS Bank Mandiri, BRI dan BSI Cair di Tanggal Ini

Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 KKS Bank Mandiri, BRI dan BSI Cair di Tanggal Ini -palpres.com-

PALEMBANG,PALPRES.COM- Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pemegang KKS terbitan Bank Mandiri, BRI dan BSI tampaknya harus bersabar menunggu pencairan Bansos BPNT tahap 3 Rp400.000 alokasi bulan Mei dan Juni 2023. 

Pasalnya, saat ini penyaluran bansos BPNT Tahap 3 Mei-Juni baru merata untuk KKS terbitan Bank BNI. 

Sementara untuk KKS terbitan Bank Mandiri, BRI dan BSI masih terpantau sedikit pencairannya bahkan ada yang belum sama sekali melakukan transfer saldo BPNT Tahap 3 ke rekening KPM. 

Namun tidak perlu khawatir, selama data para KPM valid di aplikasi SIK-NG maka pencairan bantuan program sembako senilai Rp400.000 untuk 2 bulan ini hanya tinggal menunggu waktu saja. 

BACA JUGA:Pemilik KKS Baru Lebih Dulu Terima Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000, KKS Lama Kapan?

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial terus melakukan validasi data para KPM agar proses pencairan bantuan dapat segera disalurkan ke rekening KPM. 

Sejak 19 Juni 2023, bank Himbara penyalur bantuan sosial mulai mencairkan bantuan program sembako kepada para KPM. 

Hanya saja, pencairan masih didominasi untuk KPM pemegang KKS terbitan Bank BNI dan juga pemegang KKS baru di atas tahun 2020.

Lalu, kapan kira-kira pencairan bantuan pangan non tunai alokasi Mei dan Juni ini akan cair ke KKS Bank Mandiri, BRI dan BSI? Mengingat saat ini telah memasuki akhir bulan Juni.

BACA JUGA:Deretan Bansos Cair Bulan Juli 2023, Besarannya Rp200 Ribu hingga Rp5,4 Juta, Cek Namamu di Sini

Penyaluran bantuan BPNT tahap 3 ini sudah berlangsung sejak 19 Juni 2023 di Bank BNI. Penyaluran juga hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. 

Sementara Bank BRI dan Mandiri per 20 Juni 2023 sudah terpantau mulai menyalurkan bantuan BPNT secara bertahap. 

Untuk penyaluran lewat Bank Mandiri sudah berlangsung di daerah Indramayu. Sedangkan Bank BRI sudah terpantau penyaluran di daerah Tuban, Jawa Timur. 

Dan ditargetkan oleh Kemensos penyalurannya selesai paling lambat 15 Juli 2023, karena pada 20 Juli 2023 akan ada proses verifikasi data penerima Bansos.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH, Jadwal Pencairan Bansos PKH Tahap 3 Sudah Ditetapkan, Ini Tahapannya

Maka dari itu masih ada sisa waktu hingga tanggal 15 Juli 2023 mendatang bagi para KPM untuk menerima pencairan bantuan BPNT tahap 3 ini. 

Terpantau, hingga Jumat 23 Juni 2023, pencairan bantuan sembako tahap 3 sebesar Rp400.000 baru dari Bank BNI untuk Kartu KKS Penerbitan baru (tahun terbit 2020 – 2023). 

Untuk KKS tahun terbitan tahun 2020 ke bawah masih sedikit sekali yang terpantau sudah dicairkan 

Begitu juga untuk bank penyalur lainnya seperti Bank BRI, Mandiri dan BSI belum terpantau pencairannya di tanggal 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Pencairan Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 di Bank Mandiri, BRI dan BSI Belum Terpantau, Ini Penjelasannya

Jadi untuk KKS penerbitan 2020 ke bawah harap bersabar, begitu juga dengan KKS bank Mandiri, BSI dan BRI juga harap bersabar. 

Dikutip dari kanal Diary Bansos, ada beberapa faktor yang menyebabkan bank BRI, Mandiri dan BSI belum menyalurkan bantuan program sembako ini kepada KPM baik itu KKS lama maupun baru. 

Pihak bank melakukan top up atau transfer dana bantuan sosial sebesar Rp400.000 ke rekening KPM apabila sudah terbit surat perintah pemindahbukuan dari rekening pemberi bantuan ke rekening penerima manfaat yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial RI. 

Bisa disimpulkan kenapa Bank Mandiri, BSI dan BRI masih belum terpantau dicairkan BPNT tahap 3 ini maka ketiga bank tersebut masih belum menerima surat perintah pemindahbukuan dari rekening pemberi bantuan ke rekening penerima manfaat dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

BACA JUGA:REZEKI AWAL BULAN, Bansos Ini Cair Rp900.000 Mulai 1 Juli 2023

Meskipun statusnya di SIKS-NG sudah SPM atau SP2D tapi kalau surat perintah pemindahbukuan masih belum diterbitkan dari Kementerian Sosial maka dari bank himbara masih belum bisa mentransfer dana bantuan BPNT ke rekening KPM. 

Begitu juga untuk KKS BNI namun  penerbitan lama ataupun yang baru namun masih belum masuk saldonya. Karena masih belum diterbitkan surat pemindahbukuan dari rekening pemberi bantuan ke rekening penerima manfaat. 

Lalu, kapan Bank Mandiri, BRI dan BSI menyalurkan bantuan?

Jawabannya adalah ketika surat pemindah bukuan sudah diterbitkan dari Rekening pemberi bantuan ke penerima manfaat dan sudah diterima oleh Bank himbara.

BACA JUGA:KPM Wajib Tahu, Penyebab Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Belum Cair untuk KKS Lama

Nantinya dari pihak bank tersebut akan mentransfer dana bantuan BPNT tahap 3 kepada para KPM yang namanya ada di dalam SP2D. 

Jadi bagi nama-nama KPM yang masuk dalam daftar SP2D maka saldonya tidak akan ditransfer ke rekening KPM atau bisa dikatakan tidak cair. 

Berkaca dari penyaluran Bansos PKH, kemungkinan besar pada penyaluran bantuan BPNT ini juga menggunakan sistem termin/gelombang. Karena mengacu kesiapan data oleh pihak Pusdatin (Pusat Data Informasi Kementerian Sosial RI) yang mana Pusdatin ini menghimpun data berdasarkan hasil verifikasi kelayanan BNBA (by name by address) yang dilakukan oleh pemerintah daerah di SIKS-NG. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: