Honda

3 Objek Wisata di Kabupaten Musi Rawas yang Wajib Anda Kunjungi, Nomor 1 Bisa Naik Perahu Sambil Mancing Toman

3 Objek Wisata di Kabupaten Musi Rawas yang Wajib Anda Kunjungi, Nomor 1 Bisa Naik Perahu Sambil Mancing Toman

Perahu yang dapat disewa di objek wisata Danau Aur Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Jika di konten  sebelumnya kita membahas 3 objek wisata di Kota Lubuklinggau, nah kali ini kita bergeser melihat 3 objek wisata di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Pada awalnya Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) merupakan satu kesatuan, tapi seiring berjalannya waktu Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara berubah menjadi kota/kabupaten otonom.

Namun dari segi sejarah, seni budaya dan ras tidak dapat dipisahkan dari Kabupaten Musi Rawas, dan akan terus melekat dari generasi ke generasi.

Kabupaten Musi Rawas merupakan satu dari 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, dengan ibu kota daerah dan pemerintahannya di Kecamatan Muara Beliti.

BACA JUGA:Yuk Kulik Spot Kuliner Malam Hits di Palembang, Nomor 4 Bikin Kangen

Daerah ini juga termasuk salah satu daerah penghasil minyak dan gas (migas), padi dan ikan di Provinsi Sumatera Selatan, dimana saat ini Kabupaten Musi Rawas di pimpin oleh Bupati H Ratna Machmud dan Wakil Bupati Hj Suwarti.

Menuju Kabupaten Musi Rawas dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Kota Palembang sekitar 7 jam perjalanan dan dari Provinsi Bengkulu sekitar 5 jam perjalanan darat.

Bisa juga menggunakan transportasi udara dari Jakarta- Lubuklinggau sekitar 45 menit, dan dari Lubuklinggau menuju ibu kota pemerintahan Musi Rawas sekitar 25 menit.

Selain memiliki Sumber Daya Alam (SDA), pertanian dan perikanan yang cukup memadai bagi perekonomian masyarakatnya, ternyata memiliki objek wisata alam dan buatan yang menarik untuk di kunjungi.

BACA JUGA:Kunyit Rempah ‘Ajaib’ yang Kaya Manfaat, Jangan Nggak Dicoba Ya

Nah sekarang langsung saja kita bahas 3 objek wisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

1. Objek Wisata Danau Aur

Objek wisata Danau Aur terletak di perbatasan antara Desa Sumber Jaya dan Kelurahan Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Objek wisata Danau Aur sudah sangat familiar bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas dan sekitarnya.

BACA JUGA:Munculnya Calon Raja Jalanan Baru, Yamaha MX King 150 2023 Dibanderol Rp25 Jutaan

Sebab Danau Aur merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Mura yang kerap menjadi tujuan wisatawan baik dari dalam Kabupaten Musi Rawas maupun pengunjung dari luar daerah.

Menuju objek wisata Danau Aur dapat ditempuh dengan kendaraan atau mobil, sekitar 1 jam perjalanan dari ibu kota Muara Beliti.

Disini kita akan disajikan keindahan alam berupa hamparan danau dan perkebunan karet milik masyarakat, yang bisa dikelilingi menggunakan perahu apung.

Kemudian, di objek wisata ini juga terdapat beberapa spot foto yang menarik yang sengaja disiapkan oleh pemerintah, yang bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh pengunjung.

BACA JUGA:Nokia 6600 5G Ultra, Mengabadikan Mukamu Sesempurna Mungkin di Setiap Selfie

Bagi anda yang hobi mancing ikan toman, nila, emas dan gabus jangan lupa bawa alat pancing anda.

Anda akan mendapatkan sensasi berbeda mancing ikan Toman atau lainnya dari atas perahu apung yang disewakan ditempat tersebut.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa perahu apung untuk mengelilingi Danau Aur di banderol harga sewa Rp200 ribu, dengan kapasitas perahu apung untuk 20 orang.

Di Danau Aur juga terdapat beberapa fasilitas gazebo yang bisa dijadikan untuk bersantai dan makan bersama keluarga, sedangkan untuk anak-anak tersedia wahana permainan anak-anak disisi kiri dari pintu masuk danau Aur.

BACA JUGA:Tips Siaga Hadapi ARMUZNA Bagi Jemaah Haji dari Kemenag

Untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp5.000 dan untuk anak-anak dibawah 2 tahun di gratiskan, sementara untuk parkir hanya Rp3.000 unit sepeda motor dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Objek Wisata Buatan Taman Beregam 

Taman wisata ini terletak Ibu kota Kabupaten Musi Rawas, yaitu di Desa Muara Beliti Baru atau tepatnya di seberang Kantor Bupati Musi Rawas.

Di taman ini, lebih didominasi dengan permainan anak yang bisa dinikmati oleh pengunjung, tapi ada juga spot-spot yang asyik untuk berkumpul atau berlibur seperti tamasya keluarga.

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Bansos Permakan Lansia Cair Awal Juli 2023

Kerana di Taman Beregam ini dipenuhi dengan pohon-pohon hias yang rindang, sehingga memberikan kesan sejuk, indah dan juga alami.

Selain itu, ada juga wahana permainan anak yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, dimana untuk jasa permainan anak berupa mobil ataupun motor remote untuk anak-anak dengan tarif antara Rp10.000 hingga Rp20.000 perorang 

Nah, bagi orang dewasa, taman ini menyediakan berbagai spot foto, seperti taman, ukiran lukisan yang cantik didinding kios, kemudian tugu emas di tengah-tengah taman, setiap kendaraan pengunjung akan dikenakan biaya parkir Rp10.000.

3. Objek Wisata Bukit Cogong

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Bansos Permakan Lansia Cair Awal Juli 2023

Objek wisata ini berada di kawasan hutan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), persisnya di Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura.

Menuju objek wisata ini, pengunjung hanya memerlukan waktu tak lebih dari 1 jam dari Kota Lubuklinggau. Akses jalan yang mulus, akan memudahkan wisatawan berkunjung menggunakan kendaraan roda empat atau dua, bahkan bisa langsung sampai ke titik objek wisata.

Sayangnya, sementara waktu, objek wisata ini sudah tak lagi beroperasi, sehingga banyak fasilitas dan wahana permainannya pun kini terbengkalai.

Meski demikian, para pengunjung masih diperbolehkan mengunjungi wisata tersebut. 

BACA JUGA:3 Manfaat Jeruk Nipis dan Garam Bagi Kesehatan, Anda Tidak Perlu Ke Dokter Lagi!

Di Objek Wisata Bukit Cogong, pengunjung akan disajikan  keindahan alam dengan aliran sungai dari atas pengunungan, sehingga membentuk beberapa air terjun kecil dengan bebatuan besar..

Demikian pembahasan kita mengenai 3  destinasi wisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas yang wajib anda kunjungi saat berliburan bersama keluarga. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: