Honda

3 Produk Unggulan dari Selangit Kabupaten Musi Rawas, Para Pecinta Kopi Silahkan Mampir Kesini

3 Produk Unggulan dari Selangit Kabupaten Musi Rawas, Para Pecinta Kopi Silahkan Mampir Kesini

Kopi merupakan salah satu produk unggulan dari Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Kabupaten Musi Rawas merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Selain terkenal dengan wisata alamnya, Musi Rawas juga terkenal dengan produk Kopi Selangit dan penghasil buah Durian.

Wilayah Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas sebagian besar (+60%) merupakan kawasan hutan, baik Kawasan Hutan Konservasi Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) maupun Hutan Produksi Terbatas.

Sebagai daerah hulu dari Sub DAS Lakitan sampai saat ini masih terjaga tutupan vegetasinya berupa Hutan Primer, Hutan Sekunder Kerapatan Tinggi maupun Areal Penggunaan Lain dengan sistem penanaman komoditi campuran atau yang dikenal dengan istilah Agroforestry.

Agroforestry yang dikembangkan di wilayah tersebut adalah pengelolaan tanaman karet sebagai tanaman pokok dan tanaman kopi sebagai tanaman sela serta palawija dan padi mengisi stratifikasi terbawah sistem agroforestry tersebut.

BACA JUGA:Polisi Ternyata Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit, Begini Penjelasan Kapolda Sumsel

Nah berikut 3 hasil hutan yang berasal dari Kecamatan Selangit yang sudah di rangkum Palembang Ekspres:

1.Kopi Selangit

Kopi Selangit merupakan salah satu komoditas unggulan di wilayah Kecamatan Selangit Kabupaten Musi Rawas. Masyarakat banyak yang bertanam kopi namun belum mengembangkannya menjadi komoditas unggulan Kabupaten Musi Rawas dan hanya menjual kopi untuk memenuhi kebutuhan pengolahan biji kopi di wilayah Kota Lubuk Linggau dan sekitarnya. 

Kopi Selangit memiliki keunggulan diantaranya adalah diklaim sebagai kopi organik dengan tidak menggunakan bahan kimia  dalam proses diproduksi dan pengolahannya serta diproduksi dari biji kopi pilihan dan murni 100 persen biji kopi tanpa campuran bahan lainnya.

BACA JUGA:3 Lokasi Nongkrong Asyik Bagi Kaula Muda di Musi Rawas, Nomor 1 Para Jomblo Boleh Ikut Nimbrung

2. Kopi Luwak Liar Selangit

Bukan hanya kopi original masyarakat juga saat ini sedang mengembangkan Kopi luwak liar dihasilkan oleh luwak atau musang yang memakan biji kopi matang. Jenis musang liar yang memakan kopi di wilayah Kecamatan Selangit adalah Hemigalus derbyanus.

Musang liar dengan warna bulu seperti Tasmanian Tiger ini banyak hidup di areal Hutan Konservasi dan Hutan Produksi Terbatas serta kebun masyarakat.

Hewan nokturnal (beraktivitas dimalam hari) ini hanya memakan kopi-kopi segar terbaik dan yang sudah matang atau berwarna merah, masyarakat sekitar hutan sangat diuntungkan dengan adanya hewan tersebut yang hidup liar di hutan.

BACA JUGA:CATAT! 3 Bansos Ini Cair Bulan Depan, Ada Kuota untuk Pemilik e-KTP, Begini Cara Daftarnya!

Agar usaha Kopi Luwak Liar tetap berproduksi, masyarakat berkomitmen untuk menjaga keberadaan musang tersebut dengan tidak melakukan perburuan dan menjaga kelestarian hutan sebagai habitat luwak di sekitar wilayah mereka.

3. Durian Selangit

Kecamatan Selangit juga dikenal salah satu daerah penghasil buah durian terbesar di Kabupaten Musi Rawas, buah durian selangit memiliki khas tersendiri yang mana dari bentuk buahnya yang sedikit lonjong, daging buah berwarna putih dan manis.

Pada saat musim panen buah durian selangit biasanya di jual masyarakat di wilayah Kota Lubuklinggau bahkan ada juga pengepul yang di menjualnya hingga luar daerah seperti, bengkulu, jambi dan Palembang.

BACA JUGA:Mirip Honda Kirana, Honda Dream 125 Super Irit BBM, Yuk Kepoin!

Itulah 3 produk hasil hutan yang berasal dari kecamatan selangit, kabupaten Musi Rawas, selanjutnya kita akan bahas dari kecamatan mana lagi ya. (frs/lek) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: