RDPS
Honda

Mengenal Kampus Robotika, Jurusan dengan Prospek Kerja Luar Biasa

Mengenal Kampus Robotika, Jurusan dengan Prospek Kerja Luar Biasa

Robotika merupakan teknologi dalam penunjang pembuatan robot, kita mengenal kampus robotika karena prospek kerja yang luar biasa-Ilustrasi: Rida Satriani/ palpres.com-

BACA JUGA:Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 10 Kampus Terbaik di Jepang, Nomor 8 Kampusnya Jerome Polin Youtuber Indonesia

- Sains Dasar, berupa Matematika dan Fisika: Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep matematika dan fisika yang menjadi dasar dalam pemahaman yang mendalam tentang ilmu robotika.

- Teknologi Informasi: Mata kuliah ini membahas tentang algoritma, pemrograman, jaringan, komputer dan IoT atau Internet of Things.

- Sistem siber-fisik, seperti Elektronika dan Mikrokontroler: Mata kuliah ini merupakan pembahasan dari berbagai jenis mikrokontroler, sensor, dan konsep dasar dari sistem robotik.

- Desain dan Aplikasi Robotika dan Kecerdasan Buatan serta Integrasinya: : Mata kuliah ini memberikan pelatihan dasar dalam merancang, membangun, dan mengoperasikan robot

BACA JUGA:Mau Kuliah ke Luar Negeri? Ini 10 Kampus Terbaik di Jepang, Nomor 8 Kampusnya Jerome Polin Youtuber Indonesia

- Metodologi penelitian

- Kewirausahaan

- Komunikasi profesional

Selain itu, Jurusan Robotika ternyata memiliki prospek kerja yang tak biasa dari jurusan-jurusan lain. Apa saja? Berikut prospek kerjanya.

BACA JUGA:UIGM Palembang Posisi ke-7, Inilah 10 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia versi THE Impact Rangkings 2023

- Mekanik Mesin Industri, yang bertugas memperbaiki, memasang, menyesuaikan, serta memelihara mesin produksi dan pengolahan industri.

- Programmer Peralatan yang dikontrol oleh kompter numerik, bertugas untuk mengembangkan program untuk mengontrol mesin dan melakukan pengolahan bahan logam atau plastik menggunakan alat mesin atau sistem.

- Spesialistik Robotik, yang bertugas menyusun, memasang, menguji, dan memelihara peralatan robotik atau sistem produksi terkait. Selain itu, profesi ini merupakan bagian dari Insinyur Robotik.

- Stasiun Bumi dan Luar Angkasa: Studi robotika dapat memainkan peran penting dalam industri antariksa, di mana robot dapat digunakan untuk eksplorasi dan investigasi di lingkungan antariksa yang tidak kondusif bagi keberadaan manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: