Honda

Sebaiknya Anda Tahu, Nama Desa di Tugu Mulyo Kabupaten Musirawas Diawali Urutan Huruf Abjad

Sebaiknya Anda Tahu, Nama Desa di Tugu Mulyo Kabupaten Musirawas Diawali Urutan Huruf Abjad

Keindahan alam dengan hamparan padi di Kecamatan Tugu Mulyo Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Jika berkunjung ke Kabupaten Musi Rawas rasanya tak lengkap jika tidak berkunjung ke wilayah Kecamatan Tugu Mulyo, sebab, Kecamatan Tugu Mulyo merupakan satu dari 14 kecamatan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang terkenal dengan sentral penghasil beras.

Letak Kecamatan Tugu Mulyo berbatasan langsung dengan Kecamatan Muara Beliti dan Kecamatan Purwodadi, sebelum dikenal dengan nama Tugu Mulyo, masyarakat transmigrasi saat itu agak sulit menyebut kata transmigrasi, sehingga mereka zaman dulu menyebutnya Mirasi atau Merasi.

Jadi kalau Anda datang ke Musi Rawas dan minta diantar ke Merasi, maka arah tujuan anda adalah Tugu Mulyo sekarang ini.

Pada umumnya, desa-desa eks transmigrasi diberi nomor urut Satuan Pemukiman (SP), jadi wajar jika kini kita menemui ada nama desa  SP1, SP 2, dan seterusnya, rupanya, untuk daerah ini penamaan desa-desa eks transmigrasi menggunakan huruf latin A, B, C, dan seterusnya.

BACA JUGA:Bertahan Pada Hubungan yang Toxic, Lagu Asila Maisa - Angkat Tangan Viral di TikTok

Desa-desa tersebut dikukuhkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 1981, sebelum Kecamatan Tugumulyo dimekarkan menjadi Kecamatan Tugumulyo dan Kecamatan Purwodadi.

Nah berikut nama-nama desa di Kecamatan Tugu Mulyo (sebelum dimekarkan) dan tercantum pada pasal 7 PP tersebut.

Dalam pasal 7, Perwakilan, Kecamatan Muara Beliti di Tugumulyo di Kabupaten Daerah Tingkat II Musi Rawas ditetapkan menjadi Kecamatan Tugumulyo, meliputi Wilayah:

1. Desa/Dusun 2. Widodo, b. Desa/Dusun B. Srikaton, 3. Desa/Dusun C. Cawang Sari, 4. Desa/Dusun 5. Tegal Rejo, e. Desa/Dusun E. Wonokerto, 6. Desa/Dusun F. Trikoyo, 7. Desa/Dusun K. Kalibening, 8. Desa/Dusun V. Surodadi, 9. Desa/Dusun I. Sukomulyo.

BACA JUGA:Yuk Nonton Wayang Kulit Gratis Lakon Wahyu Cakraningrat Gelaran Polri, Catat Tanggalnya!

Kemudian 10. Desa/Dusun G.I. Mataram, 11. Desa/Dusun G.2. Dwi Jaya, 12. Desa,/Dusun H. Wukirsari, 13. Desa/Dusun Proyek Sadar Karya, 14. Desa/Dusun Ngadirejo, 15. Desa/Dusun M. Sitiharjo, 16. Desa/Dusun L. Sidoharjo, 17. Desa/Dusun Q.1. Tambaksari, 18. Desa/Dusun Q.I. Wonorejo, 19. Desa/Dusun R. Rejiseri, 20. Desa/Dusun 0. Mangunharjo

Selanjutnya 21. Desa/Dusun P.1 Perwodadi, 22. Desa/Dusun P.2. Mandiharjo, 23. Desa/Dusun Purwoharjo, 24. Desa/Dusun Karyodadi, 25. Desa/Dusun U. Pagersari, 26. Desa/Dusun T. Bangunsari dan 27. Desa/Dusun S. Kartasari.

Demkian nama-nama desa yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah dan tentu sekarang sudah ada beberapa yang berubah. Selain itu ada fakta menarik tentang pengurutan abjad nama-nama desa di Tugumulyo. Ada abjad yang ‘dilewati’ atau tidak digunakan yaitu N, X, W, dan Z. Sementara huruf “J” pada ejaan lama diucapkan “Y” sudah melekat pada desa Ngadirejo.

Meskipun dalam perkembangannya, untuk kepentingan administrasi huruf-huruf desa tersebut tidak digunakan, namun masyarakat akan cenderung menyebut huruf ketimbang nama desanya.

BACA JUGA:Plat Nomor Kendaraan Anda Asli atau Palsu? Ini Sanksi dan Denda Gunakan Plat Palsu

Ketika mendengar nama Tugu Mulyo rasanya tak asing ditelinga dan identik dengan bahasa Jawa, ya memang benar, nama Tugu Mulyo diambil dari sebuah bangunan tugu, dimana masyarakat Tugu Mulyo didominasi oleh masyarakat transmigrasi yang berasal dari provinsi Jawa Tengah. Rata-rata masyarakatnya merupakan petani sawah dengan memanfaatkan air irigasi. (frs/lek)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: