Honda

UPDATE: Banjir Lahar di Lumajang, 4 Jembatan Putus, Ada 1 Jembatan Bernilai Rp 9 Miliar, Ini Intruksi Bupati

UPDATE: Banjir Lahar di Lumajang, 4 Jembatan Putus, Ada 1 Jembatan Bernilai Rp 9 Miliar, Ini Intruksi Bupati

Bupati Lumajang Thoriqul Haq-Istimewa/Net-

PALPRES.COM- Dampak banjir lahar yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim) pada Jumat 7 Juli 2023 mengakibatkan 4 jembatan rusak hingga putus.

Bahkan, salah satu jembatan mengalami kerusakan yakni jembatan gantung Kaliregoyo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro bernilai Rp 9 Miliar.

Bencana banjir lahar terjadi akibat curah hujan mengguyur wilayah Lumajang sekitarnya selama 2 hari tanpa henti-henti mengakibatkan sungai Leprak yang merupakan aliran lahar Gunung Semeru meluap.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim, Jumat 7 Juli 2023 hingga pukul 20.00 WIB, terdata ada 5 desa yang terdampak akibat banjir lahar dingin di 2 kecamatan.

BACA JUGA:Pray For Lumajang, Banjir Lahar Aliran Semeru Putuskan Jembatan 9 Miliar di Lumajang, Begini Kondisinya

Diantaranya, Desa Sidomulyo dan Pronojiwo berada di Kecamatan Pronojiwo, kemudian 3 desa itu berada di Kecamatan Candipuro yakni Desa Jugosari, Desa Kloposawit, dan Desa Tumpeng.

Sedangkan, empat jembatan putus di Kabupaten Lumajang diantaranya jembatan penghubung Kloposawit-Tumpeng Kecamatan Candipuro.

Jembatan penghubunga Tumpeng-Nguter, dan jembatan yang merupakan akses jalan nasional penghubung Lumajang-Malang di Desa Sidomulyo.

Terpisah, Bupati Lumajang Thoriqul Haq telah menyampakan, bencana ini menjadi prioritas Pemkab Lumajang.

BACA JUGA:Banjir hingga Longsor Terjadi di Lumajang, Netizen: Emang Warga +62, Pentingin Rekaman Ketimbang Keselamatan

Nah, kali ini pihaknya akan memprioritaskan di sejumlah titik longsor dengan melakukan pembersihan dari material tanah dan lumpur.

Tidak hanya itu saja, Thoriqul menegaskan, beberapa wilayah yang sulit dijangkau menjadi prioritas juga untuk memberikan bantuan.

“Kita akan bersihkan longsor yang menutupi jalan dan membersihkan kawasan pemukiman warga,” tegasnya.

Sebelumnya, intensitas curah hujan tinggi mengguyur Lumajang, Jawa Timur. Akibat hujan selama 2 hari tanpa henti, mengakibatkan bencana alam terjadi di beberapa wilayah tersebut.

BACA JUGA:Cair di Pos dan Bank, Bansos PKH dan BPNT Rp400.000 untuk Wilayah Ini

Mulai dari longsor hingga banjir bandang akibat sungai Leprak yang merupakan aliran lahar Gunung Semeru meluap hingga merusak fasilitas umum.

Salah satunya, jembatan Gantung Kaliregoyo di desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro yang dibangun dengan anggaran mencapai Rp 9 Miliar.

Tidak hanya itu saja, akses jalan nasional Lumajang-Malang putus tital akibat jembatan yang berada di perbatasan kedua wilayah tersebut putus pada Jumat 7 Juli 2023 sekitar pukul 14.15 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: