Honda

SCB Ajak Milenial Melek Sejarah, Ini 7 Makam Raja yang Ada di Bukit Siguntang

SCB Ajak Milenial Melek Sejarah, Ini 7 Makam Raja yang Ada di Bukit Siguntang

Barisan tangga berbukit menuju makam-makam raja sriwijaya-Foto: Alhadi Farid-Palpres.Com

PALEMBANG,PALPRES.COM- Sahabat Cagar Budaya (SCB) Kota Palembang mengajak para milenial untuk melek sejarah Siguntang, melalui kegiatan bincang pusaka yang digelar di UMKM Center, Bukit Siguntang, Sabtu 8 Juli 2023. 


Peserta dan narasumber diskusi bincang pusaka berfoto bersama di sela-sela kegiatan diskusi-dok palres-

Bukit Siguntang memiliki sejarah yang panjang dan penting sehingga wajar menjadi rujukan tempat penting dalam Dunia melayu. 

“Karena kita ingin tahu kenapa Bukit Siguntang menjadi penting bagi Dunia melayu sampai-sampai raja-raja mereka turun di Siguntang”. Ujar Robby Sunata sebagai narasumber pada bincang pusaka Siguntang.

BACA JUGA:3 Objek Wisata Alam Uji Adrenalin di Bandung, Ada Bekas Danau Prasejarah Berusia 27 Juta Tahun, Berani?

Masih kata Robby, Raja-raja di Dunia melayu mengaku bahwa mereka adalah keturunan para raja yang turun di Bukit Siguntang, karena itu mereka secara rutin berziarah ke bukit yang berada di kota Palembang ini. 

Dari sini kita juga belajar mengenai apa itu kitab ‘sulalatus salatin’ yang dikenal luas sebagai kitab sejarah Melayu dan di luar negeri disebut 'malay annals'.

Kitab yang menjelaskan silsilah raja-raja Melayu, terutama raja-raja di Semenanjung.

Dan mereka semua silsilahnya sampai ke 3 orang anaknya raja yang turun dari langit di Bukit Siguntang.

BACA JUGA:Prof Muhammad Abdus Salam, Torehkan Sejarah saat Menjadi Muslim Pertama yang Meraih Nobel

“Kitab sejarah Melayu yang ditulis di Malaysia abad ke-16 ini ditulisnya Bukit Siguntang sebagai titik awal kemunculan raja-raja Melayu. Dari kitab yang berisikan penjelasan silsilah raja-raja Melayu dan penjelasan beberapa kejadian bersejarah,” tutupnya.

Lokasi dan Sejarah Bukit Siguntang

Bukit Siguntang berlokasi di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Yang beralamat di Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: