Honda

Resmikan Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Presiden Jokowi Optimis Pacu Hal Ini

Resmikan Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Presiden Jokowi Optimis Pacu Hal Ini

Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung-Hutama Karya-

BENGKULU, PALPRES.COM - Proyek-proyek Strategis Nasional (PSN) kian gencar dituntaskan, salah satunya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Pada hari ini, Kamis 20 Juli 2023, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan secara langsung Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung.

Peresmian jalan tol pertama di Bumi Rafflesia ini ditandai dengan pemukulan alat musik Bengkulu ‘Raja Dol’ di Gerbang Tol Bengkulu, dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu,

Presiden didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin  Mersyah, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik – titik pertumbuhan ekonomi baru.

BACA JUGA:SELAMAT! 2 Bansos Ini Cair 3 Bulan Sekaligus, untuk KPM Kategori Ini

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini Jalan Tol Ruas Bengkulu – Taba Penanjung akan beroperasi dengan total panjang yang telah selesai adalah 16,7 km menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun, ini merupakan bagian dari ruas Bengkulu ke Lubuk Linggau,” jelas Jokowi.

Jokowi berharap dengan selesainya jalan tol ini akan ruas akan mempercepat pertumbuhan ekonomi, mobilitas orang dan barang, dan sehingga bisa mensejahterakan masyarakat karena daya saing Bengkulu pasti akan meningkat lebih baik.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim. Pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung di Kota Bengkulu,” ujar Jokowi.

Pembangunan ruas tol di Bengkulu merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatra. 

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! 2 Bansos Cair Serentak untuk KPM, Termasuk BLT Dana Desa dan PKH

Hal tersebut dilakukan agar akses jalur darat semakin mudah dan terjangkau, pungkas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam kunjungannya di Bengkulu, Selasa 24 Januari 2023 lalu.

“Sementara itu, perekonomian masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu telah membaik dan hal tersebut menunjukkan bahwa pembangunan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra sudah seimbang,” jelas Erick.

Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung merupakan bagian dari feeder jaringan JTTS sepanjang ±98 km yang terbagi dalam 2 tahap. U

ntuk tahap 1 Bengkulu – Taba Penanjung dengan total panjang 16,7 km dan telah beroperasi sejak akhir tahun 2022, dan tahap 2 Lubuk Linggau – Taba Penanjung (80 km) yang masuk dalam tahap IV pembangunan JTTS sesuai Perpres No. 131 Tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: