Honda

Brawijaya Awards 2023, Pangdam Sebut Babinsa Prajurit Siluman, Ini Alasannya!

Brawijaya Awards 2023, Pangdam Sebut Babinsa Prajurit Siluman, Ini Alasannya!

Brawijaya Awards 2023, Pangdam Sebut Babinsa Prajurit Siluman --Sumber: Youtube DI's Way

BACA JUGA:10 Objek Wisata Bali Terdapat Desa yang Rapi dan Amat Bersih, Penasaran?

“Saya sangat terkesan dengan prinsip dari Pangdam Brawijaya yakni jangan besar dari jabatan tapi besarkan lah jabatan,” kata Dahlan Iskan.

Oleh sebab itulah, Brawijaya Awards 2023 sebagai wujud penghargaan kepada babinsa yang sudah melaksanakan kegiatan secara nyata di lapangan.

“Babinsa ini orang yang melaksanakan dengan nyata prinsip itu (Pangdam Brawijaya) yaitu lebih besar dari jabatan seorang babinsa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Abah Dahlan begitu sapaan Dahlan Iskan, berpesan agar media  tidak hanya menulis atau menyiarkan kegiatan panglima kodam atau pejabat tinggi.

BACA JUGA:4 Negara Ini Gagal Total, Kena ‘Kutukan’ Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Bagaimana Indonesia?

“Tapi media mengalami kesulitan cara memberitakan orang di lapangan, kalau tidak ada kegiatan. Lewat kegiatan Brawijaya Awards ini bagimana bagaimana orang di ujung tombak bisa naik panggung dan ini bisa menjadi bahan berita karena ada acara seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, M.A menjelaskan babinsa merupakan garda terdepan dalam melaksanakan program TNI di masyarakat.

Bahkan, Pangdam juga menyebut personel babinsa adalah pasukan siluman dan lebih hebat dari pasukan khusus karena ada di mana-mana.

“Kalau pasukan khusus, jika usia menua kembali ke Komando Resor Militer,” jelasnya.

BACA JUGA:6,5 Jam dari Ibukota Provinsi, Bendungan Terbesar di Bengkulu, Bisa Aliri 4.919 Hektar Sawah

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Staf Ahli Panglima TNI, Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., saat membacakan amanat Panglima TNI menjelaskan, personel babinsa memiliki peran penting untuk membantu menyukseskan program pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, sambung Mayjen Harfendi, ada beberapa program teritorial yang dilaksanakan Ketahanan Pangan, TNI Manunggual Air, Bapak Asuh Stunting, TNI Masuk Dapur.

“Dan di jajaran Kodam V Brawijaya ada Babinsa Masuk Sekolah. Saya sangat mengapresiasi peran babinsa ini” jelasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: