Honda

5 PTN dengan Jurusan Kehutanan di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

5 PTN dengan Jurusan Kehutanan di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

5 PTN dengan Jurusan Kehutanan di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM - Jurusan kehutanan merupakan salah satu dari sekian banyaknya jurusan kuliah yang ada di kampus Indonesia, terutama di beberapa PTN TOP QS WUR 2024.

Membahas soal Jurusan Kehutanan, kamu pasti tahu kan bahwa sebelum menjadi presiden, Presiden Jokowi merupakan lulusan jurusan kehutanan di UGM ini yang membuatnya sukses berusaha di dunia mebel dan kayu di kota Solo.

Apalagi jurusan kehutanan sangat dibutuhkan di zaman sekarang untuk merawat, mengatur, dan melindungi ekosistem hutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketika kuliah, kamu akan diajarkan menggabung teori dan teknologi agar dapat memperoleh pengetahuan yang beragam mengenai hutan.

BACA JUGA:14 Universitas Dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, Ada Kampus TOP QS WUR 2024

Termasuk ekologi hutan, kehidupan satwa, ilmu tanah, cara kerja tumbuhan, serta cara mengelola dan mengatur sumber daya hasil hutan.

Namun, di dalam program studi Kehutanan ini, kamu tidak hanya akan mendalami cara menghasilkan dan memperoleh hasil dari hutan.

Kamu juga akan mendapatkan pengetahuan dalam upaya pelestarian hutan melalui rehabilitasi dan perlindungan hutan dengan erat terkait berbagai isu lingkungan.

Banyak yang mengatakan bahwa jurusan Kehutanan sangat sesuai untuk mereka yang menyukai kegiatan di alam karena mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini sangat terkait dengan lingkungan, terutama ekosistem hutan.

BACA JUGA:4 Kampus dengan Jurusan Teknik dan Teknologi Terbaik versi QS WUR 2024, Tertarik?

Namun, secara umum, beberapa universitas memiliki Fakultas Kehutanan tersendiri yang meliputi berberapa departemen atau jurusan yang beragam.

Sehingga, mata kuliah yang dipelajari juga beragam, tergantung pada minat dan spesialisasi pilihanmu.

Sebagai contoh, di Institut Pertanian Bogor, Fakultas Kehutanan memiliki 4 departemen berbeda yang terdiri dari manajemen hutan, silvikultur, konservasi sumber daya hutan dan ekowisata, serta hasil hutan.

Eits, meski mata kuliah dalam jurusan Kehutanan berpusat pada isu lingkungan, tapu penerapannya juga mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, lho!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: