Honda

AGUSTUS BAHAGIA! Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Cair di Daerah Ini Minggu Depan

AGUSTUS BAHAGIA! Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Cair di Daerah Ini Minggu Depan

Ilustrasi -Dok Palpres-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM - Pada awal Juli 2023, bantuan sosial (bansos) BPNT Sembako dan PKH telah mulai disalurkan melalui Bank Himbara

Akan tetapi penyaluran belum mencapai keseluruhan, karena baru disalurkan beberapa termin saja, tepatnya termin 1, dan 2. 

Sedangkan untuk penyaluran yang melalui kantor pos, sampai saat ini masih menunggu SP2D (Surat Perintah penyaluran Dana) saja. 

Disamping itu, juga menunggu status pada laman www.sik.kemensos.go.id berubah status dari tahap 2 berubah menjadi cek rekening tahap 3.

BACA JUGA:BERSIAP! 2 Bansos Bakal Cair di Tanggal Ini

Penyaluran akan melalui Bank Himbara menyasar pada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dengan pengambilan bantuan melalui ATM/KKS, maka bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Sembako untuk alokasi Mei dan Juni. 

Untuk 83 daerah yang penyalurannya melalui undangan pos, akan dicairkan bersamaan untuk bansos PKH Tahap 3, dan bansos BPNT Sembako alokasi Juli, Agustus, dan September.

Pencairan bansos ini dipredikasi akan terjadi paling cepat Agustus, dan paling lambat Desember. 

Hal ini didasarkan pada juknis yang dipakai oleh Kemensos RI. 

BACA JUGA:Kampung Unik di Jawa Barat, Ada Istana Manusia Purba di Dalam Gua

Dimana untuk periode penyaluran bisa per dua bulan ataupun per 3 bulan. 

Jadi jika tidak ada aral-melintang, bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Sembako Juli, Aguatus September akan disalurkan mulai minggu depan melalui PT Pos Indonesia. 

Sedangkan untuk BPNT Sembako alokasi Juli, Agustus yang penyalurannya melalui Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, dan BSI), akan disalurkan akhir Agustus, dan paling lambat pada September mendatang.

Berikut daftar daerah (kabupaten atau kota) yang penyaluran bansosnya pada Agustus nanti melalui PT Pos Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: