Honda

5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal di Kampus Terbaik Indonesia, Ada yang Hampir 1 Miliar

5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal di Kampus Terbaik Indonesia, Ada yang Hampir 1 Miliar

5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal di Kampus Terbaik Indonesia, Ada yang Hampir 1 Miliar--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, selain mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki, tentu harus mempertimbangkan biaya pendidikan juga.

Apalagi, terutama di Indonesia, biaya perkuliahan yang dibutuhkan berbeda-beda per jurusannya, tergantung dengan kebutuhan dari jurusan tersebut.

Oleh karena itu, dengan variatifnya biaya per jurusan, tentu ada bagian yang harus membayarnya dengan mahal, dikarenakan hal itu merupakan sebagian penunjang dari jurusan yang ditempuh tersebut.

1. Jurusan Kedokteran

BACA JUGA:3 Kampus dengan Jurusan Akuntansi Terbaik versi QS WUR 2024, Ada Kampusmu?

Tentu, berbicara tentang jurusan kedokteran, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kuliah Jurusan Kedokteran sangat mahal karena mempelajari pengetahuan umum yang kelak akan berguna bagi semua orang.

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa di jurusan kedokteran, maka kamu harus bersiap-siap mengeluarkan banyak biaya, bahkan biayanya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Hal ini dikarenakan di jurusan kedokteran, mahasiswa akan melibatkan banyak praktikum dan kegiatan laboratorium lainnya yang harus dijalani.

Untuk menempuh jurusan kedokteran, kamu bisa mengukuti seleksi masuk di Universitas Indonesia (UI) yang dinobatkan sebagai kampus terbaik dengan peringkat ke-237 di QS WUR 2024.

BACA JUGA:5 Jurusan yang Hanya Ada di ITB, Kampus Terbaik QS WUR 2024, Berminat?

Sementara itu, untuk biaya kuliah kedokteran di UI membutuhkan sekitar Rp500 ribu hingga Rp20 juta per semester sesuai kelas yang diterapkan.

2. Jurusan Penerbangan

Jika kamu berambisi ingin menjadi seorang pilot, tentunya kamu harus masuk ke jurusan penerbangan.

Namun, selain karena seleksinya yang tidak mudah, salah satu alasan lain adalah karena kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk masuk ke jurusan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: