Honda

Dukung Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Lakukan Ini

Dukung Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Kementerian PUPR Lakukan Ini

Ilustrasi -perkim.id-

MEDAN, PALPRES.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan dukungan untuk percepatan penanganan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Belawan Bahari, Medan, Sumatera Utara. 

Langkah ini merupakan bagian dari implementasi Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 yang bertujuan untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem melalui tiga strategi.

Salah satunya adalah penurunan kantong-kantong kemiskinan ekstrem di berbagai wilayah.

Dalam kunjungan lapangan (Kunlap) Tim Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) ke Kantor Pemerintah Kota Medan pada tanggal 26 Juli 2023, sebagaimana dikutip dari bpiw.pu.go.id, Yudha Mediawan, yang memimpin kunjungan tersebut, menyampaikan bahwa upaya penanganan kemiskinan ekstrem membutuhkan kolaborasi dari berbagai instansi pemerintah. 

BACA JUGA:2 Bansos Cair Sekaligus di Tanggal Ini, Siap-siap Cek Saldo!

Oleh karena itu, Kementerian PUPR mengintegrasikan infrastruktur pada kantong-kantong kemiskinan ekstrem di Belawan Bahari untuk mencapai hasil yang tepat sasaran, efektif, dan tuntas.

Beberapa program yang dijalankan oleh Kementerian PUPR dalam upaya penanganan Kemiskinan Ekstrem di kawasan Belawan Bahari meliputi Pengendalian Banjir Rob Belawan, Penataan Infrastruktur Lingkungan, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Lingkungan, Penyediaan Jalan dan Drainase Lingkungan, serta Pengolahan Persampahan dan Limbah Lingkungan. 

Selain itu, penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) juga menjadi fokus, dan berbagai skema seperti Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Pembangunan Rumah Khusus, dan Rumah Susun dilakukan untuk mengatasi masalah ini. 

Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) juga diharapkan dapat berkontribusi dalam pendanaan penanganan RTLH di kawasan Belawan Bahari.

BACA JUGA:Menikah dalam Islam Ada ‘Rambu-rambunya’, Begini Kata Ustadz Wijayanto

Yudha juga berharap dukungan penuh dari Pemerintah Kota Medan dalam mendukung program-program PKE yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat. 

Salah satunya adalah percepatan pembebasan lahan untuk aksi intervensi infrastruktur PUPR agar program dapat berjalan sesuai rencana. 

Beberapa kebutuhan pembebasan lahan termasuk untuk pekerjaan pembangunan pintu dan rumah pompa air 3, lahan untuk Tempat Pengelolaan Sampah, Sumber, dan Sampah Berbahaya, reservoir, ruang terbuka publik, serta rencana untuk pembangunan rumah susun.

Walikota Medan, Bobby Nasution, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas upaya penanganan terintegrasi di kawasan Belawan dan kunjungan dari Kementerian PUPR. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: