Honda

Manuskrip Asli Belum Ditemukan, Ternyata Kisah 'Aladdin' Diperkirakan Berusia Lebih dari 300 Tahun

Manuskrip Asli Belum Ditemukan, Ternyata Kisah 'Aladdin' Diperkirakan Berusia Lebih dari 300 Tahun

Manuskrip Asli Belum Ditemukan, Ternyata Kisah 'Aladdin' Diperkirakan Berusia Lebih dari 300 Tahun--Sumber : Disney Movies

PALEMBANG, PALPRES.COM — Kisah Aladdin bukan hanya sebuah dongeng biasa yang sekarang populer dan diadaptasi menjadi film layar lebar.

Namun, banyak yg mempercayai bahwa kisah ini sudah ada sejak zaman kuno, bahkan telah berusia lebih dari 300 tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, Aladdin merupakan cerita yang dikenal berkat Antoine Galland, seorang akademisi yang menjabat sebagai sekretaris duta besar Prancis untuk Konstantinopel pada abad ke-17.

Galland diakui sebagai penerjemah Eropa pertama yang berhasil menerjemahkan kumpulan cerita terkenal ‘1001 Malam’, termasuk Aladdin yang merupakan salah satu bagian dari kumpulan cerita tersebut.

BACA JUGA:4 Fakta Cerita Aladdin yang Wajib Kamu Tahu, Satu Diantaranya Aladdin Bukan Berasal dari Arab Tapi..

Antoine Galland dikenal telah menerbitkan cerita 'Aladdin' sejak tahun 1712. Namun, sampai sekarang, para ahli sejarah belum berhasil menemukan tulisan atau karangan asli dari cerita 'Aladdin'.

Galland sendiri mendengar kisah Aladdin dari seorang pendongeng bernama Hanna Diyab, yang berasal dari Aleppo, pendongeng asal Suriah, pada tanggal 8 Mei 1709.

Diyab menerangkan kisah Aladdin kepada Galland, tetapi tidak sekadar itu, Galland juga mendengarkan kisah-kisah terkenal lainnya dari Diyab, termasuk ‘Ali Baba’ dan ‘Empat Puluh Pencuri’.

Kisah-kisah ini lalu diabadikan ke dalam beberapa seri buku, sehingga di tahun 1717, Galland telah menyelesaikan 12 terjemahan tentang kisah ‘Seribu Satu Malam’.

BACA JUGA:Bangun Kepribadian yang Positif dari Film Aladdin, Dijamin Hidupmu Jauh Lebih Baik

Kemudian, Disney mengadaptasi kisah Aladdin dalam bentuk film animasi pertamanya pada tahun 1992.

Bahkan, sekarang, setelah lebih dari beberapa dekade berlalu, mereka mengadaptasi lagi cerita Aladdin ke dalam bentuk live-action.

Dengan diangkatnya ke layar lebar, Film Aladdin disurradarai oleh Guy Ritchie serta diperankan oleh aktor dan aktris hebat, yakni Mena Massoud dan Naomi Scott yang berperan sebagai pemeran utama; Aladdin dan Jasmine.

Untuk syutingnya sendiri, Film Aladdin memilih lokasi di Yordania dan beberapa tempat lain yang dibuat serupa seperti di kartun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: