Honda

Keunikan Wadi Rum, Lembah Pasir yang Jadi Lokasi Syuting Film Aladdin

Keunikan Wadi Rum, Lembah Pasir yang Jadi Lokasi Syuting Film Aladdin

Keunikan Wadi Rum, Lembah Pasir yang Jadi Lokasi Syuting Film Aladdin--sumber: jordan horizons tours

PALEMBANG, PALPRES.COMWadi Rum adalah sebuah lembah pasir yang juga dikenal sebagai lembah bulan, terletak di bagian selatan Yordania, sekitar 60 km di timur Kota Aqaba, dengan luas sekitar 720 km2.

Konon, lembah ini telah dihuni sejak zaman prasejarah, seperti yang terlihat dari penemuan lukisan batu dan kuil-kuil dari Peradaban Nabatea.

Dari segi bahasa, Wadi Rum memiliki arti lembah pasir, dengan kata ‘Rum’ diambil dari Bahasa Arm berarti menanjak atau tinggi yang merujuk pada kondisi alam Wadi Rum yang ditandai oleh banyak bukit batu yang menanjak.

Salah satu bukit batu tertinggi di sana adalah Jabal Rum dengan ketinggian mencapai 1700 mdpl yang menjadikannya bukit tertinggi kedua di Yordania.

Wadi Rum juga dikenal sebagai ‘The Valley of the Moon’ atau lembah bulan. Nama ini diberikan karena Wadi Rum memiliki keunikan kondisi alamnya yang menyerupai suasana bulan.

Di tengah gurun pasir yang tandus, terdapat lingkaran-lingkaran besar berwarna hijau yang merupakan perkebunan.

Area perkebunan ini ditujukan sebagai lahan bagi tanaman berbagai produk nabati, seperti biji-bijian dan makanan ternak, termasuk terong, delima, labu, dan tomat.

Gurun pasir Wadi Rum di Yordania telah menjadi latar syuting beberapa film box office terkenal Hollywood, seperti film Prometheus, Transformers, dan film yang saat ini kita bahas yakni, Aladdin.

Keaslian suasana gurun pasir Wadi Rum yang belum banyak terpengaruh oleh pemukiman manusia memberikan kesan seolah-olah berada di dunia fantasi yang penuh dengan keajaiban.

Dalam film Transformers, Wadi Rum menjadi tempat di mana terjadi pertempuran hebat antara Autobots melawan Decepticons, sebuah kelompok robot jahat.

Selain itu, Wadi Rum juga menjadi lokasi di mana Megatron, pemimpin Decepticons, menghadapi akhir hayatnya.

Selanjutnya di tahun 2019 lalu, film live-action Aladdin karya Disney berhasil mencatat rekor Box Office Hollywood yang menakjubkan.

Bahkan, sedikit yang mengetahui bahwa lokasi Cave of Wonders, tempat tersimpannya lampu ajaib Genie sebelum ditemukan oleh Aladdin berada di Wadi Rum.

Untuk masuk ke Wadi Rum, pengunjung dapat menggunakan mobil Jeep atau unta. Biaya masuk ke kawasan lindung Wadi Rum adalah sebesar Rp100.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: