Honda

Status Sumsel Siaga Darurat Bencana Karhutla, Tim Kemenko Polhukam Sanjo ke Korem 044/Gapo, Ada Apa?

Status Sumsel Siaga Darurat Bencana Karhutla, Tim Kemenko Polhukam Sanjo ke Korem 044/Gapo, Ada Apa?

Status Sumsel Siaga Darurat Bencana Karhutla, Tim Kemenko Polhukam Sanjo ke Korem 044/Gapo, Ada Apa?-Foto: Penrem 044/Gapo for Palpres-Palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Bencana kebakaran hutan dan lahan tetap menjadi perhatian serius dari seluruh stateholders, terlebih status Sumsel saat ini Siaga Darurat Karhutla.

Atas dasar itulah, Tim Kemenko Polhukam melakukan sanjo ke Markas Korem 044/Gapo, Selasa 1 Agustus 2023.

Di dalam kunjungan ini, tim dari kementerian yang diawaki Mahfud MD ingin melakukan pemantauan serta penyusunan rekomendasi di bidang kekuatan serta kemampuan dan kerjasama pertahanan.

Penyandangan status Siaga Darurat Karhutla di Sumsel ini karena beberapa paramater salah satunya peringkat bahaya kebakaran.

BACA JUGA:10 Provinsi Penghasil Sampah Terbanyak di Indonesia, Sumatera Selatan Urutan Berapa?

Hal ini agar Sumsel tidak lagi kecolongan kejadian bencana asap akibat karhutla yang terjadi pada tahun 2015 silam.

Indikator lain karena titik panas atau hotspot, kemudian anaalisi curah hujan, prakiraan curah hujan, suhu udara dan lainnya.

Kunjungan tim yang dipimpin Laksma TNI Totot Gumulyo, S.E disambut Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han).

Danrem yang juga Komandan operasi menanggulangan Karhutla di Sumsel menyampaikan bahwa hal yang menonjol adalah tentang penanggulangan Karhutla.

BACA JUGA:5 Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia, Ada PTN dan PTS TOP QS WUR 2024

Sementara itu Tim dari Kemenko Polhukam, Laksma TNI Totot Gumulyo, S.E menyampaikan tentang latar belakang diadakannya Rakor Pemantauan, Penyusunan Rekomendasi Bidang Kekuatan, Kemampuan dan Kerjasama Pertahanan di Sumsel.

“Status Sumsel yang telah ditetapkan kedalam 5 Provinsi darurat Karhutla serta tingkat IPK Provinsi (Rawan Sedang) dengan skor 35.07,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu daerah rawan karhutla di Sumsel adalah Kabupaten Ogan Ilir.

Saat ini banyak lahan tidur di Ogan Ilir yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: