Honda

6 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Perempuan, Ada di Kampus Terbaik QS WUR 2024

6 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Perempuan, Ada di Kampus Terbaik QS WUR 2024

6 Jurusan Kuliah yang Paling Diminati Perempuan, Ada di Kampus Terbaik QS WUR 2024--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Bagi sebagian pelajar perempuan, memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan gender terkadang menjadi salah satu hal yang diutamakan.

Apalagi jika jurusan tersebut memang telah lama menjadi minat dan bakat mereka.

Oleh karena itu, mereka harus memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian agar ilmunya pun dapat dipakai ketika telah berumah tangga.

Ada beberapa jurusan kuliah yang banyak diminati oleh perempuan dengan tugas yang berbeda-beda. Bahkan, diantara jurusan-jurusan tersebut didominasi oleh perempuan.

BACA JUGA:3 Jurusan Kuliah Diminati Banyak Laki-Laki, Ada di Kampus QS WUR 2024, Prospek Kerja Menjanjikan, Minat?

Selain itu, jurusan kuliah yang memiliki peminat perempuan ini ternyata juga ada lho di kampus terbaik QS WUR 2024 di Indonesia.

Jadi, jangan heran kalau nantinya seleksi masuk beberapa perguruan tinggi tersebut terkesan sulit.

Namun, jangan khawatir kamu harus yakin dan percaya diri, serta tumbuhkan kemampuanmu di bidang itu dengan berkuliah di kampus lainnya, misalnya.

Hal itu tak akan menjadi masalah kalau kamu tekun dan bertanggung jawab atas hal yang dijalani.

BACA JUGA:5 Jurusan Tersulit di Kampus Terbaik QS WUR 2023 Punya Prospek Kerja Menjanjikan, Tertarik?

Maka dari itu, berikut beberapa jurusan kuliah paling banyak diminati oleh perempuan yang bisa kamu tempuh di Kampus QS WUR 2024.

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi merupakan ilmu yang mencakup berbagai materi yang berhubungan dengan penyusunan dan pencatatan laporan keuangan.

Pengetahuan ini sangat penting untuk membuat keputusan keuangan yang baik dalam karier profesional, baik itu di lembaga atau institusi, atau bahkan dalam perusahaan.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Bandung Masuk Daftar Kota Pelajar Terbaik Versi QS Best Student Cities 2024

Jurusan ini sangat pas untuk perempuan karena mereka biasanya memiliki ketelitian dan ketekunan yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Banyak kampus yang menyediakan jurusan akuntansi di Indonesia, baik PTN maupun PTS.

Seperti kampus terbaik versi QS WUR 2024 yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

2. Jurusan Psikologi

BACA JUGA:3 Jurusan Kuliah Paling Sulit di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Masa Depan Terjamin, Minat?

Banyak wanita yang tertarik dengan jurusan psikologi karena mereka memiliki tingkat kepekaan dan emosi yang tinggi, sehingga lebih mudah memahami dan merasakan apa yang orang lain alami.

Dalam jurusan Psikologi, mahasiswanya akan diajarkan ilmu mengenai perilaku dan tindakan manusia yang mempengaruhi kesehatan mental.

Kampus Terbaik QS WUR 2024 yang menyediakan jurusan Psikologi diantaranya ada UI, UGM, UNAIR, UNS, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

3. Jurusan Keperawatan

BACA JUGA:3 Prodi Terfavorit di UTBK SNBT 2023! Deretan Kampus TOP QS WUR 2024, Prodimu Masuk?

Jurusan Keperawatan merupakan bagian dari program studi di universitas yang termasuk ke dalam fakultas Saintek.

Mahasiswa keperawatan pasti akan mempelajari tentang praktek keperawatan dan keterampilan yang diperlukan agar menjadi perawat yang kompeten.

Selama belajar di jurusan ini, mahasiswa akan mendalami teori dan teknologi terbaru dalam ilmu kesehatan fisik dan mental.

Pelayanan kesehatan yang dipelajari pada jurusan keperawatan tidak hanya berfokus pada orang yang sakit, tetapi juga pada mereka yang tampak sehat secara fisik.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Enterpreneur, Ada di Kampus Terbaik Versi QS WUR 2024!

Nah, kalau ingin menempuh pendidikan keperawatan, kamu bisa mencoba di kampus QS WUR 2024 yaitu di UI, UNAIR, UGM, Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).

4. Jurusan Kebidanan

Jurusan kebidanan menjadi program studi yang membahas tentang pengetahuan dan keterampilan dalam hal proses persalinan.

Selain itu, mahasiswa juga mempelajari tentang cara menolong sesama perempuan saat persalinan, merawat ibu setelah melahirkan, menyusui, mengatur kesuburan, menopause, merawat bayi baru lahir, dan memahami fungsi organ reproduksi.

BACA JUGA:5 Kampus dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia, Ada PTN dan PTS TOP QS WUR 2024

Ada beberapa PTN QS WUR 2024 yang menyediakan Jurusan Kebidanan antaranya adalah UGM, UB, UNAIR, UNS, serta beberapa Poltekkes lain di Indonesia yang tak kalah bergengsi.

5. Jurusan Keguruan

Jurusan keguruan ideal dipilih oleh perempuan karena melatih lulusannya menjadi seorang Guru.

Selain itu, jurusan ini mengajarkan pendidikan dan ilmu pedagogis ke mahasiswanya yang dapat diterapkan tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga dalam mengasuh anak di rumah tangga.

BACA JUGA:3 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan HI Terakreditasi A BAN PT, Ada Kampusmu?

Kampus-kampus QS WUR 2024 yang memiliki jurusan Pendidikan Guru diantaranya ada Universitas Malang (UM), UPI, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan masih banyak lagi.

6. Jurusan Tata Boga

Terakhir, ada jurusan Tata Boga yang menjadi favorit bagi banyak perempuan karena mereka dapat menyalurkan hobi memasak yang dimiliki ketika di bangku kuliah.

Di dalam jurusan ini, mereka akan belajar berbagai teknik memasak dan cara penyajian makanan.

BACA JUGA:8 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Lulusan Kerja Terbanyak di BUMN dan Swasta, Kampusmu Masuk?

Sebagai lulusan dari program Tata Boga, tentu mereka memiliki peluang untuk menjadi seorang koki atau memulai usaha wirausaha dengan membuka bisnis makanan maupun jasa katering.

Untuk kampus terbaik QS WUR 2024 di Indonesia yang menyediakan jurusan Tata Boga ini kamu bisa menempuhnya di UM, UPI, UNY, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Itulah beberapa jurusan beserta kampusnya. Apakah kamu berminat menempuh salah satu jurusan di atas?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: