Honda

3 Baju Adat yang Pernah Dipakai Presiden Jokowi saat Upacara Kemerdekaan Indonesia

3 Baju Adat yang Pernah Dipakai Presiden Jokowi saat Upacara Kemerdekaan Indonesia

Presiden Joko Widodo Memakai Baju Adat pada upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia --

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Presiden Repubik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) setiap menjadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dalam empat tahun terakhir di Istana Merdeka, Jakarta Pusat sering memakai baju adat yang berbeda.

Dilansir  dari media online, tradisi tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2017 silam, yang mana Jokowi mengenakan pakaian adat Tanah Bambu, Provinsi Kalimantan Selatan, saat perayaan HUT ke-72 RI pada 17 Agustus 2017.

Nah berikut 3 baju adat yang pernah dipakai Presiden Jokowidodo saat Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia.

1. Baju adat khas Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

BACA JUGA:Venna Melinda dan Ferry Irawan Resmi Cerai, Ini Besaran Uang Iddah yang Harus Dibayar

Pakaian adat Tanah Bumbu memang merupakan busana khas yang ada pada daerah Kalimantan Selatan. Pakaian tersebut berupa jas dengan bagian luar yang berwarna hitam lengkap bersama oramen emas.

Perpaduan tepat dengan menggunakan inner berwarna putih bersih, adapun makna setiap helai busana yang presiden RI kenakan ketika upacara kemarin.

Pada bagian pertama yang menarik dari busana ini yaitu jas atau luaran, jas tersebut bernamakan dengan cekak musang tanpa kancing.

Tidak hanya sebagai penutup aurat baju tersebut juga memiliki nilai filosofi tersendiri.

BACA JUGA:Ingin Sukses Dunia Akhirat? Amalkan 8 Tips Jalur Langit Ini

Filosofi dari bagian ini memiliki makna tingginya budi pekerti dan selalu menghargai adanya perbedaan, selain itu, juga menggambarkan kuatnya adat istiadat sebagai pemersatu bangsa.

2. Baju adat Aceh

Nama pakaian adat Aceh adalah Ulee Balang, seperti pakaian adat pada umumnya, pakaian adat Aceh menunjukkan ke-khasan adat istiadat yang diterapkan di Daerah Istimewa Aceh, ciri khas khusus yang dimiliki oleh pakaian adat Aceh ini merupakan salah satu hal penting yang membedakannya dengan pakaian adat lainnya, dan khas dari baju adat Aceh adalah perpaduan dari budaya Melayu dan budaya Islam.

Pada awalnya, Ulee Balang ini hanya digunakan oleh keluarga kesultanan, tapi sekarang siapapun dapat memakai baju ini, Ulee Balang memiliki dua macam pakaian, yakni Linto Baro yang digunakan oleh para laki-laki Aceh dan Daro Baro yang digunakan oleh para perempuan Aceh.

BACA JUGA:Warung Terpencil di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Berada di Tengah Hutan, Tapi Omzetnya Rp10 Juta Perhari

3. Baju adat Klungkung Bali

Baju adat Klungkung yang dikenakan Jokowi bermotif hitam dengan bawahan kain serta penutup kepala.

Ketua Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana, Bali, Ir Anak Agung Suryawan Wiranatha, MSc, menyebutkan, pakaian adat yang dikenakan Jokowi adalah Bali Utama atau disebut Payas Agung.

Di Bali ada pakaian adat biasa, yang dipakai untuk sehari-hari, namanya pakaian adat Madya, itu biasanya dipakai untuk undangan formal biasa.

pakaian adat utama Payas Agung biasanya digunakan pada acara-acara kenegaraan. kalau di Bali digunakan keluarga raja-raja untuk menghadiri upacara.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Amr bin Jamuh, Kaki Pincangnya Malah Bikin Dia Cepat Masuk Surga

Selain itu, Payas Agung biasanya digunakan oleh pengantin laki-laki dalam pesta pernikahan. Karena pengantin laki-laki seolah-olah di anggap sebagai seorang raja saat pernikahan, di luar acara itu Payas Agung tidak pernah dipakai, kecuali oleh keluarga raja.

Itulah 3 baju adat yang pernah di pakai presiden jokowidodo saat upacara HUT Kemerdekaan Indonesia, tahun ini Presiden Jokowidodo pakai baju adat daerah mana ya, tentunya patut untuk kita nantikan. (frs/lek).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: