Honda

Dukung WM Mebidangro dan DPSP Danau Toba, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PU

Dukung WM Mebidangro dan DPSP Danau Toba, Ini yang Dilakukan BPIW Kementerian PU

Kawasan Wisata Danau Toba, destinasi pariwisata super prioritas yang percepatan pengembangannya didukung BPIW Kementerian PU-umsu.ac.id-

SUMUT, PALPRES.COM - Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) yang berada di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan kuat terhadap percepatan pengembangan Wilayah Metropolitan (WM) Mebidangro dan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Danau Toba di Sumatera Utara.

Kepala BPIW Kementerian PUPR, Yudha Mediawan, mengungkapkan hal ini dalam rangkaian Kunjungan Lapangan (Kunlap) yang dilakukan oleh Tim BPIW pada 26-28 Juli 2023 ke WM Mebidangro dan DPSP Danau Toba. 

Sebagaimana dikutip dari bpiw.pu.go.id, Kunlap ini bertujuan untuk memantau perkembangan pembangunan infrastruktur serta amenitas wisata di wilayah tersebut.

Pengembangan infrastruktur di WM Mebidangro bertujuan untuk mendukung pertumbuhan sektor industri pengolahan dan perdagangan di Sumatera Utara. 

BACA JUGA:SIAP-SIAP, Proses Pencairan Bansos PKH dan BPNT sudah Verifikasi Rekening, Bantuan Cair di Tanggal Ini

Beberapa proyek yang tengah berlangsung meliputi pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar, penataan Kawasan Kota Lama Kesawan di Kota Medan, dan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidangro. 

Pembangunan ini telah mencapai progres yang signifikan, dengan pembangunan Kawasan Kota Lama Kesawan mencapai 50,84% dan pembangunan SPAM Regional Mebidangro mencapai 93,85%.

Sementara, pengembangan infrastruktur di DPSP Danau Toba bertujuan untuk mendorong sektor pariwisata.

Yudha Mediawan menjelaskan bahwa Danau Toba memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata alam dan budaya.

BACA JUGA:Warung Kopi Ini Buka 24 Jam Sendirian di Tengah Hutan Jombang, Tetap Ada yang Beli!

Pengembangan ini melibatkan berbagai proyek, seperti penataan Kawasan Waterfront City Panguruan, pelebaran alur dan pembangunan jembatan Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, dan pembangunan jalan di Toba Caldera Resort.

Menurut Yudha, Kementerian PUPR mendukung pengembangan ini melalui pembangunan infrastruktur di empat sektor utama, yaitu Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya, dan Penyediaan Perumahan. 

Dia menegaskan bahwa pengembangan infrastruktur berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pariwisata DPSP Danau Toba secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Dalam kunjungan lapangan ini, Tim BPIW meninjau progres pembangunan Jalan Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar, Penataan Waterfront City Panguruan, Pelebaran Alur, Pembangunan Jembatan Tano Ponggol, dan berbagai proyek infrastruktur lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: