Honda

Masuk PSN, Proyek Jalan Tol Getaci Dibangun Bertahap, Diprediksi Selesai Tahun 2029

Masuk PSN, Proyek Jalan Tol Getaci Dibangun Bertahap, Diprediksi Selesai Tahun 2029

Ilustrasi jalan tol Getaci yang diprediksi selesai tahun 2029-Net-

PALPRES.COM - Pembangunan proyek Jalan Tol Getaci bakal terkoneksi dengan Tol CIlacap - Yogyakarta.

Pembangunan jalan bebas hambatan dari Gedebage ini diproyeksikan akan terkoneksi dengan jalan tol lainnya di Pulau Jawa.

Jika nantinya selesai, perjalanan dari Bandung hingga Yogyakarta akan semakin cepat, sehingga pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pembangunan insfrastruktur di Jawa bagian selatan ini.

Selain proyek Jalan Tol Getaci, Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta dan Tol Yogyakarta -YIA, pembangunan jalan tol ini dikerjakan secara bertahap dan ditargetkan selesai pada tahun 2029 mendatang.

BACA JUGA:Wow! Ini 5 Mobil Listrik Masa Depan Terbaik yang Dapat Kamu Miliki, No BBM

Dengan begitu, masyarakat dari Bandung bisa ke arah Semarang, Yogyakarta hingga Kota Solo dengan cepat dan praktis, demikian juga sebaliknya dari Kota Solo, Semarang atau Yogyakarta menuju arah Jawa Barat.

Proyek Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap ini bakal tersambung dengan Jalan Tol Cilacap - Yogyakarta, kemudian tersambung juga dengan Jalan Tol YIA - Yogyakarta - Kota Solo.

Informasi yang diterima, baru-baru ini Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna menyatakan tentang masterplan proyek Jalan Tol Getaci akan memiliki rute hingga ke Yogyakarta.

Proyek pembangunan jalan bebas hambatan ini dilakukan secara bertahap dan proyek tersebut akan melewati 3 provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA:7 Mega Proyek Era Presiden Joko Widodo, Nomor 1 Telan Anggaran Rp476 Triliun

Menurutnya, Jalan Tol Getaci untuk tahap pertama mengalami perubahan, setelah dulakukan evaluasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol ini dikerjakan dari Gedebage hingga Ciamis sepanjang 108 kilometer.

Kemudian sisanya dari Ciamis tembus ke Cilacap akan dikerjakan menggunakan dana tahun anggaran 2025 atau setelah pergantian pemerintah.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Getaci tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Bukan hanya itu, menurut Perpres Nomor 87 tahun 2021, proyek Tol Getaci perlu segera dibangun untuk melakukan percepatan pembangunan kawasan Jawa Barat bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: