Honda

BI Sumsel Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tumbuh Kuat Lewat Digitalisasi Sistem Pembayaran

BI Sumsel Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tumbuh Kuat Lewat Digitalisasi Sistem Pembayaran

BI Sumsel Dorong Pertumbuhan Ekonomi Tumbuh Kuat Lewat Digitalisasi Sistem Pembayaran--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan (Sumsel) optimis perekonomian di Sumsel akan tetap tumbuh kuat. 

Perekonomian Sumatera Selatan sepanjang tahun 2023 menunjukkan pertumbuhan.

Pada triwulan II 2023 perekonomian Sumsel tumbuh 5,24% (yoy). 

Kinerja yang lebih baik dibandingkan triwulan I 2023 (5,11%;yoy) tersebut juga tercatat di atas kinerja perekonomian nasional dan regional Sumatera yang masing-masing tercatat sebesar 5,17% (yoy) dan 4,9% (yoy). 

BACA JUGA:BI Sumsel Ajak 500 Mahasiswa Belajar Literasi Digital dan Keuangan Inklusif

Masih tingginya pertumbuhan ekonomi Sumsel menunjukkan resiliensi permintaan domestik yang cukup baik di tengah berlanjutnya ketidakpastian perekonomian global.

Kinerja perekonomian Sumsel pada triwulan II 2023 utamanya disumbang oleh kinerja konsumsi rumah tangga (RT) yang tetap tumbuh kuat meskipun sedikit melandai dari triwulan I 2023. 

Hal ini antara lain dipengaruhi oleh pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 ASN serta periode libur panjang Idul Fitri, Idul Adha, dan libur sekolah yang mendorong belanja masyarakat dan aktivitas pariwisata.

Kinerja investasi Sumsel pada periode laporan juga menunjukkan akselerasi yang bersumber dari berlanjutnya proyek swasta bernilai besar. 

BACA JUGA:BI Sumsel Gelar Bazar Ramadan Digital di 18 Titik di Kota Palembang, Cek Lokasinya

Proyek investasi ini terutama bersumber dari sektor pertambangan dan investasi oleh pelaku industri makanan dan industri kertas & percetakan, serta didorong oleh cuaca yang kondusif untuk aktivitas pembangunan kontruksi.

Di sisi penawaran, pertumbuhan ekonomi Sumsel ditopang oleh lapangan usaha (LU) Pertambangan seiring dengan peningkatan produksi minyak dan gas bumi serta batubara untuk memenuhi kebutuhan domestik di tengah cuaca yang mendukung. 

Selain itu, berlanjutnya proses eksplorasi dan revitalisasi sumur minyak di Sumsel serta peningkatan target produksi batubara turut mendorong kinerja sektor pertambangan pada triwulan laporan.

Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi Sumsel tahun 2023 diperkirakan tetap tumbuh kuat didorong oleh akselerasi mobilitas masyarakat dan pelaku usaha yang mendorong konsumsi dan investasi, meskipun tidak setinggi tahun sebelumnya seiring dengan prospek ekonomi global yang berpengaruh pada kinerja ekspor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: