Honda

Penerapan Aplikasi Srikandi di Muba sampai ke Level Desa, Ini Apresiasi Kepala ANRI

Penerapan Aplikasi Srikandi di Muba sampai ke Level Desa, Ini Apresiasi Kepala ANRI

Kepala ANRI saat menerima rombongan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM, Kadinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Camat Bayung Lencir M Imron SSos MSi, para kades dan lurah dalam Kecamatan Bayung Lencir-Dinkominfo Muba-

JAKARTA, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Banyuasin, terus mengupayakan pengimplementasian pelayanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.

Salah satunya di bidang kearsipan, melalui pemanfaatan Aplikasi Sistem Kearsipan Berbasis Elektronik yang dinamakan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). 

Penerapan aplikasi yang berlaku secara nasional ini terus dimasifkan oleh Dispusip dan Dinkominfo Muba, kepada seluruh OPD dan seluruh Kecamatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muba sampai ke level Pemerintah Desa.

Alhasil, Kecamatan Bayung Lencir, sebagai salah satu kecamatan yang telah mengimplementasikan dan menjalankan Aplikasi Srikandi sampai level desa, diundang Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ke Jakarta.

BACA JUGA:HORE, Agustus 2023 Pemilik BPJS KIS Dapat Uang Rp600.000, Ikuti Caranya Dibawah Ini!

Kepala ANRI pun mengapresiasi kinerja Kecamatan Bayung Lencir dan desa yang telah menerapkan aplikasi ini, dan juga yang pertama di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM, bersama Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP, Camat Bayung Lencir M Imron SSos MSi, para kepala desa dan lurah dalam Kecamatan Bayung Lencir itu diterima langsung Kepala ANRI Drs Imam Gunarto MHum, , Jumat 11 Agustus 2023.  

"Kami sangat apresiasi sekali Aplikasi Srikandi di Kabupaten Muba yang diterapkan hingga ke tingkat desa.

Aplikasi Srikandi ini menjadi andalan kita, karena semua proses pemerintahan kedepannya akan di digitalisasi kan," ucap Kepala ANRI Drs Imam Gunarto MHum.

BACA JUGA:Kisah Hanzhalah bin Amir, Sahabat Nabi Ketika Wafat Dimandikan Para Malaikat

Lanjutnya, penerapan Aplikasi Srikandi terus didorong secara menyeluruh ke seluruh pemerintah daerah, mengingat dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Makanya kita geber terus, syukur-syukur semua seperti Muba sampai ke desa. 

Saya kira semangat Pak Kadis Perpustakaan Kearsipan dan Kominfo Muba, sangat  layak kita apresiasi," tandasnya.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Musi Banyuasin Herryandi Sinulingga AP, Aplikasi Srikandi adalah instrumen pengelolaan arsip dinamis yang berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba