Honda

Wajib Tau! 6 Fakta Unik Ini Hanya Bisa Kamu Jumpai di Kota Prabumulih

Wajib Tau! 6 Fakta Unik Ini Hanya Bisa Kamu Jumpai di Kota Prabumulih

Fakta Unik Kota Prabumulih-doc-palpres.com

Seperti daerah-daerah pada umumnya, Prabumulih juga memiliki suku yakni suku Rambang dengan bahasa yang kurang lebih mirip dengan bahasa melayu dan tidak jauh beda dengan bahasa Indonesia.

Seperti adat dan suku lainnya, suku Rambang juga memiliki adat pernikahan yang masih melekat hingga saat ini, yaitu adat Lisan Pabisan.

Tradisi lisan ini umumnya bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada kedua mempelai atau kepada hubungan yang baru terjalin antara dua keluarga besar.

Sedangkan Pabisanan atau besan adalah sebuah sebutan yang melekat terhadap dua keluarga yang telah melangsungkan pernikahan anaknya.

Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi, namun Tradisi ini tetap dipertahankan hingga saat ini.

 

5. Makanan Khas

Nah salah satu fakta unik dari kota ini adalah makanan unik yang berasal dari suku Rambang tadi ya guys.

Selain makanan khas yang di olah dari nanas kota ini juga memiliki makanan khas yang terbuat dari daun singkong.

Namanya Tahok Tutok makanan khas Prabumulih ini berasal dari suku Rambang, cara membuka nya juga tidak sulit cukup di tumbuk menggunakan lesung, setelah itu dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai kalau ingin pedas dan tambahan ikan teri jika ingin.

Sesuai dengan namanya Tahok artinya daun singkong, Tutok artinya tumbuk, dengan kata lain tahok Tutok adalah daun singkong yang di tumbuk.

Nah itu dulu ya guys beberapa fakta unik Mengenai Kota Prabumulih.

Kalau ke Prabumulih, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata serta membeli oleh-oleh berupa nanas dan jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Prabumulih yaitu tahok tutok ya guys.

 

6. Tari Nutok Tahok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: