Honda

Setelah Sumatera Selatan Barat, Bakal Ada 2 Provinsi Baru di Indonesia, Lokasinya Dimana?

Setelah Sumatera Selatan Barat, Bakal Ada 2 Provinsi Baru di Indonesia, Lokasinya Dimana?

Ilustrasi pemekaran wilayah di Indonesia-Net-

PALPRES.COM - Ramai diperbincangkan perihal wacana pemekaran wilayah di Sulawesi, dimana Sulawesi Utara bakal dimekarkan menjadi 2 provinsi baru.

Salah satunya adalah daerah yang sebelumnya merupakan bagian dari daerah Sulawesi Utara.

Ya, Kabupaten Bolaang Mongondow yang diisukan bakal memisahkan diri dari Sulawesi Utara dan muncul sebagai provinsi baru di Sulawesi dengan nama Provinsi Bolaang Mongondow Raya.

Daerah yang bakal bergabung dengan Provinsi Bolaang Mongondow Raya nantinya ada 4 kabupaten dan satu kota madya dari wilayah Sulawesi Utara.

BACA JUGA:Dibangun Sejak 1628, Jembatan Tertua di Indonesia Ini Sering Gonta Ganti Nama

Diantaranya Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kotamadya Kotamobagu.

Sementara yang diproyeksikan menjadi ibukota Provinsi Bolaang Mongondow Raya nantinya yakni Kotamobagu.

Yang menjadi alasan yang dimungkinkan menjadi dasar pengajuan pemekaran wilayah Provinsi Bolaang Mongondow Raya dan keluar dari Sulawesi Utara menjadi provinsi baru lantaran luasnya wilayah.

Berdasarkan data dari BPS tahun 2023, luas gabungan dari 4 wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri mencapai 7.569,71 kilometer persegi.

BACA JUGA:SEREM! Ini 5 Cerita MIstis Urban Legend Kampus Ternama di Sumsel yang Harus Kamu Ketahui

Sedangkan jumlah penduduk dari total 4 kabupaten tersebut mencapai 500.971 jiwa.

Pertimbangan pemerataan dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan layanan menjadi salah satu pertimbangan yang mendasarinya.

Lalu, provinsi baru lainnya adalah Provinsi Nusa Utara, hal ini dimungkinkan karena wilayahnya yang berada di ujung utara Pulau Sulawesi.

Ada 5 daerah yang bakal bergabung ke dalam provinsi baru yang kedua ini, diantaranya Kabupaten Siang Tagulandang Biaro atau Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Talaud Selatan dan Kota Tahuna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: